5 Tanda Gaslighting Dalam Hubungan

Teknokra.id - Kenali ciri-ciri gaslighting dalam hubungan. Gaslighting termasuk ke dalam kategori toxic relationship. Gaslighting merupakan keadaan pada saat seseorang memanipulasi psikologis orang lain. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan dominasi terhadap orang lain sehingga korban gaslighting akan bertanya-tanya mengenai tindakan yang telah mereka lakukan. 

Gaslighting merupakan bentuk dari pelecehan emosional. Dalam hal ini, pelaku gaslighting akan membuat korban selalu merasa bersalah atas apa yang telah dilakukannya. Sering kali, korban merasakan keraguan terhadap diri sendiri atas tindakan maupun ucapan yang telah mereka lontarkan. 

5 Tanda Gaslighting Dalam Hubungan

Perilaku gaslighting tidak melulu hanya terjadi dalam hubungan percintaan. Namun, gaslighting juga dapat terjadi dalam hubungan pertemanan, hubungan dengan keluarga, serta hubungan dengan orang di lingkungan tempat kita berada.

Untuk mengetahui apakah dalam hubungan kalian terjadi perilaku gaslighting. Yuk, simak tanda-tanda berikut!

1. Mengabaikan perasaan 

Dalam hubungan, komunikasi merupakan salah satu hal terpenting. Namun, apabila pasangan kerap kali mengabaikan perasaan kalian tanpa alasan yang jelas, maka kalian perlu berhati-hati bahwa ada yang tak beres dalam hubungan kalian.

2. Membuat kamu tak percaya diri

Pelaku gaslighting berusaha untuk memengaruhimu dalam segala hal sehingga kamu merasa tidak cukup baik dalam hal tertentu. Pelaku akan memberikan kata-kata manipulatif yang bertujuan untuk menganggu pikiranmu. Hal ini tentu saja berbahaya dan dapat membuat dirimu merasa dikucilkan.

3. Membuatmu selalu merasa bersalah

Pelaku yang mendominasi dalam hubungan berupaya untuk memengaruhi dirimu, sehingga kamu akan merasa selalu bersalah terhadap tindakan yang telah kamu lakukan.

4. Tak mengakui kesalahan

Ketika pelaku gaslighting melakukan kesalahan, ia enggan untuk meminta maaf. Namun, sebaliknya ia akan terus mencari pembenaran atas kebohongan atau kesalahan yang telah ia lakukan. Pelaku selalu menganggap enteng perbuatan yang ia lakukan dan menganggap bahwa meminta maaf adalah hal yang berlebihan untuk dilakukan.

5. Membuatmu menjauhi orang terkasih

Saat pelaku telah mendominasimu dalam hubungan, pelaku akan mencoba untuk memengaruhimu untuk menjauhi orang terkasih karena dianggap sebagai sebuah ancaman. Jika hal ini terjadi, maka kamu perlu untuk mengakhiri hubungan yang tidak sehat ini.

Nah, setelah mengetahui beberapa tanda-tanda gaslighting dalam hubungan di atas. Ada baiknya bagimu untuk melihat apakah hubungan yang sedang kamu jalin saat ini merupakan hubungan yang sehat atau tidak. Apabila dalam hubunganmu terdapat tanda-tanda gaslighting, kamu berhak untuk mengakhirinya. Kamu berhak untuk mendapatkan hubungan yang sehat, kasih sayang seutuhnya, dan membuat dirimu nyaman terhadap apa yang kamu lakukan tanpa terpengaruh orang lain (Penulis: Elsyifa Azzahra).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel