Tips Berbicara di Depan Umum Supaya Tidak Gugup

Teknokra.id- Kemampuan berbicara di depan umum merupakan salah satu skill penting yang akan berguna bagi di era seperti saat ini. Namun kegiatan berbicara di depan umum masih meanjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang karena alasan kurang percaya diri, gugup, dan lain-lain.

Skill berbicara di depan umum ini bukan merupakan bakat lahiriah, namun ini dapat dibentuk dan terus diasah melalui latihan dan pengalaman. Sebenarnya kunci keberhasilan berbicara di depan umum tidak hanya sekadar berani muncul di depan umum saja, tapi juga bagaimana ide dan pikiranmu dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens.
Bagi kamu yang belum terbiasa untuk berbicara di depan umum kali ini Teknokra.id akan memberikan tips berbicara di depan umum

1.  Berdoa

Berdoalah sebelum mulai berbicara agar lisan tidak kaku dan tidak terbata-bata saat berbicara di depan umum dan kembali berdoa setelah selesai. Tuhan Yang Maha Esa akan senantiasa mempermudah segala urusan manusia.Doa juga akan memberikan getaran positif terhadap dirimu.

2. Lakukan senam wajah

Sebelum tampil didepan umum kamu harus melakukan senam wajah agar otot-otot wajah tidak kaku. Senam wajah juga bermanfaat agar ekpresimu tidak datar saat berbicara di depan umum, untuk latihan wajah ini kamu dapat mengucapkan A I U E O dengan jelas.

3. Kuasai materi yang akan disampaikan

Menguasai apa yang ingin disampaikan tentu menjadi hal yang sangat penting ketika akan berbicara di depan umum. Karena kalau lupa pada bagian materi atau tidak menguasai materi, maka tidak akan tersampaikan dengan baik. Bagi orang yang sudah andal ketika lupa materi biasanya akan langsung berimprovisasi.

4. Gunakan pakaian yang nyaman

Saat berbicara di depan umum supaya lebih percaya diri gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan tema acara.

5. Jangan menatap mata audiens

Saat berinteraksi dengan audiens kamu tidak perlu menatap matanya, karena ha itu dapat menurunkan kepercayaan terutama bagi pembicara pemula. Maka hal yang dapat kamu lakukan dengan melihat bagian lain misalnya alis, dahi, dan hidung. 

Itu tadi merupakan tips berbicara di depan umum semoga dapat membantu pagi pembaca. (Penulis: Amalia Sabilla Mukhtar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel