Tips Merawat Buku Kesayangan Agar Tidak Cepat Rusak

Teknokra.Id- Apakah kamu salah satu dari pecinta dan kolektor buku seperti buku sastra, komik, buku ensiklopedia, novel, dan lain-lain. Jika ia apakah kamu sudah menyimpannya supaya suatu saat ketika ingin dibaca kembali buku yang dimiliki tidak rusak seperti terlipat, menguning, kotor, dimakan rapap dan sobek.

Dalam merawat buku tidak boleh asal-asalan, apa lagi jika jumlahnya sudah semakin banyak pasti terkadang malah jadi tercecer.

Jangan khawatir di sini teknokra.id akan memberikan tips agar buku kesayanganmu tidak cepat rusak.

1. Siapkan Lemari Buku dengan Sirkulasi yang Baik

Tempat menyimpan buku berupa lemari atau rak buku harus dengan sirkulasi yang baik hindarai buku koleksi kesayanganmu dari tempat yang lembab dan tempat yang terkena cahaya matahari langsung, karena hal tersebut bisa membuat buku cepat menguning. Selain dapat menjaga buku dari kerusakan menyimpan buku di rak atau lemari ini juga memudahkan dalam mencari buku yang diinginkan

2. Sampul Buku

Setelah membuka buku dari bungkusnya ada baiknya jika kamu langsung menyampul buku tersebut dengan sampul plasik, hal ini supaya dapat melindungi  buku dari noda-noda yang tidak diinginkan.

3. Bersihkan Selalu Tempat Menyimpan Buku

 Supaya terhindar dari debu dan kotoran lain, jangan lupa untuk selalu bersihkan dengan teratur rak atau lemari bukumu setidaknya satu bulan sekali. 

4. Membuka dan Membaca Buku dengan Hati-hati

Dalam mengambil, membuka, dan membaca buku tentu harus dengan hati-hati. Pastikan tanganmu dalam keadaan bersih sebelum memegang buku agar tidak kotor. Lalu gunakan pembatas buku saat membaca, ini diperuntukan supaya menghindari melipat bagian buku sebagai tanda halaman baca. (Penulis: Ruweisha)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel