Sipnosis Anime Shigatsu Wa Kimi No Uso

Teknokra.Id- Shigatsu Wa Kimi No Uso atau Your Lie in April adalah animasi jepang berjumlah 22 episode oleh studio ternama A-1 Pictures yang diadaptasi dari komik karya Naoshi Arakawa yang dirilis tahun 2015 silam. 

Anime yang disutradarai oleh Ishiguro Kyouhei ini masuk ke dalam genre  drama, music, romance, school dan shounen dan juga dikomposeri oleh Aketagawa Jin yang juga telah memiliki reputasi sebagai sound director.

Cerita dari anime ini berpusat kepada seorang pianis muda jenius bernama Arima Kousei (pengisi suara: Hanae Natsuki). Arima Kousei merupakan seorang anak yang berhasil mendominasi semua kompetisi yang pernah diikutinya dan menjadi terkenal sejak usia dini.

 Setelah ibu yang sekaligus guru pianonya itu meninggal dunia, Arima terkena gangguan mental yang membuatnya tidak dapat ‘mendengar’ suara piano lagi. Kondisinya itu mendorong Arima untuk tidak lagi menekuni piano.

Dua tahun berlalu, arima mengisi kesehariannya hanya dengan sekolah dan berkumpul dengan dua teman dekatnya sejak kecil yaitu Tsubaki Sawabe (pengisi suara: Ayane Sakura) dan Watari Ryota (Pengisi suara: Ryota Osaka).

 Hidupnya yang monoton itu pun dijungkir balikkan secara paksa oleh seorang violinist cantik berjiwa bebas, Miyazono Kaori (Pengisi suara: Risa Taneda). Kepribadian Kaori benar-benar tercermin dari permainan violinnya, bebas, bersemangat dan optimis.

Mengutip ucapan Miyazono Kaori dalam serial animasi tersebut, “Music dapat melampaui perkataan. Dengan saling bertukar nada, kami dapat mengerti satu sama lain”. Kaori yang langsung mengenali siapa Arima Kousei terus menerus berusaha mengeluarkan Arima dari zona nyamannya. 

Ia selalu berhasil mencari-cari cara agar Arima tidak menghindari rasa takutnya dan kembali mewarnai kehidupaan Arima. Sikap Kaori yang selalu tampak bebas dan ceria pun menggerakkan hati Arima untuk dapat kembali maju ke depan.

Secara keseluruhan, serial animasi ini sangat menarik untuk disaksikan. Walau mengangkat latar belakang pemain musik klasik, tanpa background serupa pun, segala kalangan penonton dapat menikmati tontonan ini. Justru kalian dapat menambah  pengetahuan mengenai musik-musik klasik.

Dari segi plot juga sudah tergambarkan dengan sangat baik dalam adaptasi animasinya. Drama dari akar konflik cerita ditutupi dengan rapih oleh unsur komedi yang membuat serial ini tidak terasa terlalu “berat” atau pun membosankan. 

Komposisi musik yang diarahkan dengan baik juga menjadi salah satu faktor kesuksesan serial animasi tersebut, terlihat dari lagu soundtrack opening dan ending serial ini yang dicintai oleh banyak orang. Seluruh gabungan tersebutlah yang membuat Shigatsu wa kimi no uso menjadi salah satu karya anime yang paling dicintai di kalangan para penikmat anime. (Penulis: Ega Literian Lisba)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel