Mengenal Deevapali, Perayaan Festival Cahaya Umat Hindu

Teknokra.id- Umat Hindu terutama yang ada di India kini sedang bersuka cita menyambut perayaan hari besar Deevapali (3/11/21). Peryaan ini jatuh pada awal bulan Kartika yang atau dalam penanggalan Masehi jatuh antara bulan Oktober dan November. Perayaan ini jatuh di tanggal yang berbeda-beda tiap tahunnya karena mengikuti kalender Hindu yang mengacu rotasi bulan.

Deevapali merupakan festival cahaya dihari ini orang-orang akan menyalakan cahaya lampu-lampu dengan warna yang terang, sebagai simbolik kemenangan terang atas kegelapan, harapan atas keputus asaan, dan kebajikan atas kejahatan. 
Perayaan ini berawal dari kisah Ramayana. Ketika Rama kembali ke Ayodhya setelah menyelesaikan pengasingannya dan berhasil mengalahkan Rahwana, penduduk Ayodhya menyambut kedatangannya dengan menyalakan lampu diyas.

Deepavali biasanya berlangsung selama lima hari dan diisi dengan macam-macam perayaan. Hari pertama disebut Vasu Daras. Perayaan ini diperuntukkan bagi sapi sebagai hewan suci umat Hindu. 

Hari kedua yaitu Dhan Teras di mana hari terbaik untuk membeli barang mewah seperti perhiasan dan lainnya. 

Hari ketiga disebut Naraka Chaturdashi. Adalah hari memperingati saat Dewa Krisna membunuh Narakasura. Pada hari ini orang-orang biasanya akan membuat Rangoli yakni karya seni lukis tradisional.

Hari keempat disebut Laksmi Puja. Di hari ini masyarakat melakukan pemujaan pada Dewi Laksmi (Dewi Kesejahteraan) serta Dewa Ganesha (Dewa Keberuntungan).

Hari kelima disebut Bali Pratipada hari di mana merayakan kemenangan Dewa Krisna yang berhasil menyelamatkan ornag-orang dan hewan dari bencana banjir dengan membawanya ke Bukit Govadhana. (Penulis: Yesi Sarika)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel