Kenali Ciri-Ciri People Pleaser, Kamu Termasuk?

Teknokra.id - Suka menolong adalah perbuatan yang baik. Eits, tapi apa jadinya ya kalau sifat itu terlalu berlebihan sampai menyulitkan diri sendiri. 

Yaps, hal ini dikenal dengan istilah people pleaser. Orang-orang ini cenderung berusaha untuk selalu menjadi menyenangkan dan berupaya melakukan apapun supaya tidak mengecewakan orang-orang di sekitarnya.
Kenali Ciri-Ciri People Pleaser, Kamu Termasuk
Yuk simak ciri-ciri people pleaser.

1. Overthinking

People pleaser terlalu overthinking terhadap pemikiran atau pendapat orang lain terhadap dirinya. Baginya, perkataan orang lain menjadi penting dan Ia juga takut apabila orang-orang di sekitarnya berpikiran buruk tentangnya.

2. Enggan Mengatakan Tidak

Perasaan 'tidak enak hati' selalu muncul ketika people pleaser menolak sesuatu. Oleh karena itu, Ia selalu mengiyakan semua ajakan atau permintaan yang ditujukan padanya.

3. Terus-terusan Merasa Bersalah

Kebiasaan untuk meminta maaf pada kesalahan yang tidak diperbuat selalu melekat pada people pleaser. Bahkan, Ia tidak ragu-ragu atau siap untuk menanggung kesalahan orang lain.

4. Tidak Suka Terlibat dalam Konflik

Saat terlibat dalam suatu konflik atau perdebatan, people pleaser cenderung memilih diam. Mereka memendam pendapat atau pemikirannya dan cenderung mengiyakan suara terbanyak.

Nah, di atas adalah beberapa ciri-ciri people pleaser yang mudah dikenali. Apakah kamu termasuk people pleaser?

Menjadi baik adalah keharusan bagi setiap orang. Tetapi, bukan berarti harus menyulitkan diri sendiri, ya. Untuk kamu para people pleaser, cobalah mengatakan tidak untuk hal-hal yang tidak kamu mampu. Berkata 'tidak' bukan berarti kamu tidak lagi menjadi orang baik, kok. Tidak perlu terlalu banyak 'Overthinking' , karena tidak ada manusia yang sempurna. Tetaplah menjadi orang baik tanpa menghilangkan kesempatanmu untuk mengekspresikan diri, ya (Penulis: Silvia Agustina).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel