Ide Bisnis Cocok untuk Mahasiswa Tidak Perlu Modal Besar

Teknokra.id - Ide bisnis yang sangat cocok untuk mahasiswa dengan modal yang tidak besar dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memiliki penghasilan sendiri untuk uang saku tambahan. 

Kuliah sambil memiliki bisnis bukan hal mustahil untuk kita lakukan. Ada banyak ide bisnis dengan waktu fleksibel dengan modal yang kecil. Berikut ide bisnis cocok untuk mahasiswa yang bisa kamu coba!
Ide Bisnis Cocok untuk Mahasiswa Tidak Perlu Modal Besar

1. Makelar Bisnis Konveksi

Konveksi adalah jasa yang menawarkan produk pakaian. Kamu bisa bekerjasama dengan pemilik konveksi untuk kemudian menggunakan networking kamu di kampus. Misalkan kamu bisa memberikan dan katalog untuk jaket atau kaus angkatan. 

Makelar bisnis konveksi ini tentunya memerlukan modal yang terbilang cukup rendah bahkan hampir tidak perlu modal. Bisnis ini juga memberikan kita kesempatan untuk belajar lobby dan public relations.

2. Bisnis Online

Bisnis online seperti reseller atau dropshipper dengan memanfaatkan marketplace atau sosial media yang ada juga menjadi salah satu ide bisnis yang dapat mahasiswa lakukan. Kita terlebih dahulu mencari barang yang sedang banyak dinikmai orang-orang serta suppliernya kemudian kita dapat menjual barang dari supplier tersebut. Selain menjadi reseller atau dropshipper, kamu bisa menjadi supplier bisnis online sendiri, kamu dapat mulai memproduksi produk yang ingin kamu jual secara online. 

Dengan bisnis online selain belajar cara berjualan, kita juga bisa belajar mengenai digital marketing yang belakangan ini sangat penting dan banyak sekali dibutuhkan. 

3. Bisnis Jasa dengan Skill 

Ide bisnis lain yang dapat dicoba adalah bisnis jasa sesuai skill yang kita miliki. Kita dapat memanfaatkan skill yang kita miliki untuk kemudian kita komersialisasikan. Misalkan jasa desain atau programing.

Jasa dengan skill ini tidak memerlukan modal tetapi profit yang didapatkan cukup besar karena kita sendiri yang menentukan harga untuk kemampuan kita. 

4. Franchise Kuliner

Franchise kuliner cocok untuk kamu yang memiliki ketertarikan pada bisnis kuliner tetapi tidak memiliki waktu untuk melakukan branding dari awal. Bisnis ini memang memerlukan modal yang cukup besar, tetapi menjanjikan. 

5. Tour Guide

Menjadi tour guide adalah salah satu ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang memiliki hobi jalan-jalan. Kamu bisa membuka bisnis travel kecil-kecilan di dekat tempat kamu tinggal atau ngekost, kamu bisa menawarkan paket wisata ke beberapa tempat destinasi di sana. Ide bisnis ini akan sangat menyenangkan untuk kamu yang suka berpergian ke tempat wisata dan bertemu dengan orang baru. 

Itu tadi beberapa ide bisnis yang dapat kamu coba untuk mendapatkan penghasilan sendiri sebagai mahasiswa yang memiliki jadwal yang cukup padat dengan modal yang sedikit, kuncinya adalah kerja keras dan konsisten serta jangan takut untuk gagal. Semoga beruntung! (Penulis: Rahel Azzahra).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel