5 Hal Kebiasaan yang Dapat Membuat Otak Kamu Lemot

 Teknokra.id - Lemot menjadi hal yang menyebalkan bagi sebagian orang. biasanya kata 'lemot' ditujukan untuk orang atau pun benda yang bersifat lelet. 

Jika kata lemot ditujukan untuk orang, kita harus dengan sabar menjelaskan sesuatu hal agar bisa dipahami dengan sempurna. Lalu bagaimana jika diri kita sendiri yang lemot? Pastik gak mau kan, maka dari itu yuk ketahui apa saja kebiasaan yang membuat otak lemot!
5 Hal Kebiasaan yang Dapat Membuat Otak Kamu Lemot

Mengemudikan Kendaraan Terlalu Lama

Sebagian orang pasti pernah mengemudikan sebuah kendaraan bukan, nah jika mengemudikan kendaraan 2 jam perhari ternyata dapat membuat resiko penurunan daya otak.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di Universitas Leicester, bahwa mengemudi dalam waktu yang lama dapat membuat performa otak menurun. Penelitian ini dilakukan selama 5 tahun ke 500.000 orang dengan jenjang usia 37-73 Tahun.

Kekuatan daya ingat orang yang mengendarai sekitar 2-3 jam per hari cenderung rendah. Dibandingkan dengan orang yang tidak mengemudi. 

Menonton Tv Terlalu Lama

Orang yang menonton tv selama 3 jam minimal 25 tahun akan mempengaruhi performa otak juga loh. Hasil sebuah penelitian bahwa orang yang terlalu sering menonton TV mengalami penurunan kognitif yang besar juga. 

Dikutip dari Amerika Heart Association terlalu banyak duduk akan meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes, paru- paru dan kematian dini. 

Terlalu sering bergantung pada Mesin Pencari

Terkadang kita tidak menyadari, bahwa kemudahaan yang kita nikmati saat ini dapat mempengaruhi daya kerja otak kita. Kita yang merasa nyaman akan kemduahan yang dirasakan membuat otak kita tidak diasah dengan baik.

Penelitan pun pernah dilakukan, orang yang mengalami ketergantungan terhadap mesin pencari mengalami perubahan otak, yaitu daya ingat seseorang yang mudah hilang. 

Multitasking 

Siapa yang tidak ingin semua pekerjaannya cepat terselesaikan dengan cepat dan sempurna. Kebanyakan orang menganggap multitasking merupakan jalan ninja untuk menyelesaikan semua pekerjaan dan merupakan sebuah kebanggan bahwa dirinya berhasil mengerjakan suatu hal secara bersamaan.

Padahal multitasking berpotensi nurunin tingkat IQ, karena sebenernya gak semua orang mampu menyelesaikan pekerjaan berbarengan dan mendapat hasil maksimal. Kendalanya terdapat di titik fokus, karena orang yang melakukan banyak kegiatan akan terpecah fokusnya.

Tidur Kurang dari 8 Jam Perhari

Sebagian orang tidur kurang dari 8 jam adalah suatu kewajaran, adapula yang tidur lebih dari 8 jam, ada juga yang tepat 8 jam perhari. Kita harus menyadarinya juga, bahwa tidur kurang dari 8 jam tidak baik untuk otak kita.

Tidur kurang dari 8 jam akan membuat otak tidak dapat mengaktifkan sistem pembersih zat dalam otak yang dapat membuat ingatan kita tidak panjang. Maka dari kita harus mengupayakan untuk tidur tepat 8 jam dan nyaman dalam tidur kita.

Nah, itu dia kebiasaan yang mampu membuat otak kita lemot. Cara menghindarinya cukup mudah dengan mengubah pola hidup kita menjadi sehat (Penulis: Dhea Putri Utami). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel