Diperingati Setiap 31 Oktober, Ini Dia Asal Usul Halloween

Teknokra.id - Halloween diperingati setiap tanggal 31 Oktober. Festival yang dilakukan hampir di seluruh belahan dunia ini ditandai dengan orang-orang terutama anak-anak yang menggunakan kostum menyeramkan.  

Halloween berasal dari tradisi Bangsa Celtic atau Kelt yang merupakan nenek moyang Bangsa Eropa. Pada awalnya, Halloween merupakan Festival Samhain atau yang dalam bahasa Irlandia Kuno artinya akhir musim panas. 
Diperingati Setiap 31 Oktober, Ini Dia Asal Usul Halloween

Mengelabui orang mati 

Menurut kepercayaan Bangsa Celtic, 31 oktober adalah waktu di mana pembatas antar orang mati dan orang yang masih hidup terbuka. Pada tanggal tersebut orang-orang yang sudah mati akan datang ke bumi untuk membuat kerusakan pada ladang dan hasil panen mereka. 

Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, Bangsa Celtic menggunakan kostum menyeramkan untuk menyamar dan mengelabui para orang mati agar mereka tidak merusak hasil panen. 

Jack O' Lantern 

Jack O' Lantern atau labu yang dibuat menyeramkan merupakan simbol Halloween yang sering kita jumpai. Setiap Halloween dirayakan, Jack O' Lantern menjadi dekorasi wajib yang harus ada di setiap pesta atau rumah orang yang merayakan. 

Budaya ini berasal dari Amerika Utara. Di mana dalam legendanya ada petani bernama Jack yang begitu malas tetapi juga begitu cerdas. Jack berhasil menipu para iblis untuk tidak memasukannya ke dalam neraka namun Ia juga tidak dapat masuk ke surga karena kemalasannya, akibatnya arwah Jack berkeliaran dengan membawa lentera labu. 

Trick or Treat!

Pada saat Halloween biasanya setiap orang terutama anak-anak menggunakan kostum mnyeramkan kemudian mengunjungi setiap rumah dan berseru “Trick or treat!” untuk mendapatkan permen atau cokelat dari si pemilik rumah. 

Trick or treat pada awalnya merupakan mantra untuk menenangkan roh jahat tapi kemudian mulai digunakan oleh anak-anak yang merayakan untuk meminta permen atau cokelat saat Halloween. Dulu hanya anak kurang mampu yang dapat berseru “Trick or treat”, tapi sekarang semua orang dapat melakukannya. 

Dari eropa ke seluruh dunia 

Perayaan Halloween adalah perayaan budaya yang jauh dari anggapan perayaan iblis dan semacamnya. Halloween adalah pertanda musim panas telah berakhir dan mulai disambutnya musim dingin.

Kegemaran orang Eropa untuk berkelana membawa budaya ini tersebar ke benua lain seperti Amerika dan Australia bahkan seluruh dunia. Contohnya saja adalah perayaan Halloween yang dirayakan di Jepang dan Korea Selatan serta negara Asia lain. 

Halloween memang belum begitu lazim di Indonesia, tapi budaya unik ini dirayakan juga oleh mereka penyuka festive di Indonesia. Kalau kamu bagaimana? Halloween tahun ini kamu mau cosplay jadi apa? (Penulis: Rahel Azzahra).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel