5 Tanda Orangtua Kamu Pelaku Gaslighting

Teknokra.id - Ada 5 tanda bahwa orangtua kamu pernah melakukan tindakan gaslight terhadap mu. Gaslight merupakan tindakan manipulasi seseorang yang dilakukan oleh orang lain untuk menunjukkan kekuasaan terhadap diri seseorang dan untuk menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki kontrol terhadap diri orang tersebut. 

Pelaku gaslight biasanya akan membuat korbannya kembali mempertanyakan diri sendiri, pendapat, dan kewarasannya. Akibatnya korban dapat memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah dan tersiksa secara mental. 
5 Tanda Orangtua Kamu Pelaku Gaslighting
Sayangnya pelaku gaslight bisa juga dari orang terdekat terutama orangtua, sengaja ataupun tidak. Berikut 5 tanda orangtua kamu melakukan gaslight terhadap mu. 

1.  Tidak mau mendengarkan 

Memiliki orangtua yang tidak mau mendengarkan memang sangat membuat frustrasi. Tindakan yang satu ini biasanya ditandai dengan tidak diperbolehkannya kita memilih pilihan yang kita buat sendiri. 

Ketika kita merasa tidak ada yang mendengarkan pendapat kita, kita akan mulai berpikir duakali untuk mengutarakan isi hati dan pikiran. Tindakan ini akan membuat seseorang tumbuh dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah. 

2. Menentukan pilihan hidup 

Apakah orangtua kamu memilihkan atau memutuskan sesuatu untuk dirimu tanpa terlebih dahulu menanyakan pendapatmu? Seringkali orangtua memberitahukan anaknya apa saja yang boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan, khususnya ketika anaknya masih usia muda. Tindakan ini kemudian dapat menjadi toxic ketika mereka tetap tidak memperbolehkan anaknya memilih jalan hidupnya sendiri ketika ia sudah besar. 

3. Tidak menganggap serius masalah yang kamu miliki

Masalah yang kamu alami seperti bertengkar dengan sahabat, putus dengan pacar, atau tekanan yang kamu dapatkan untuk mendapatkan nilai yang bagus terkadang tidak dianggap penting. Orangtua mu bisa saja tidak mengerti permasalahan yang sedang kamu alami adalah masalah yang berat untuk dirimu sendiri. 

Alih-alih berempati, orangtua cenderung meminta kamu untuk melupakan masalah itu karena mereka beranggapan bahwa dalam satu atau dua minggu ke depan masalahnya akan selesai begitu saja. Tetapi perbuatan invalidasi perasaan ini adalah contoh umum dari gaslight. 

4. Kamu lebay

Orangtua kamu mungkin bilang bahwa kamu bereaksi secara berlebihan ketika kamu berusaha untuk menyampaikan pendapatmu terhadap suatu masalah yang bersangkutan dengan mereka. Perbuatan ini dilakukan terlalu sering hingga kamu merasa pandangan kamu terhadap sesuatu itu salah dan kamu mulai merasa bersalah, itu berarti adalah tanda yang jelas bahwa orangtua kamu melakukan gaslight. 

5. Tidak mau mengakui kesalahan 

Orangtuamu mungkin sulit untuk mengakui kesalahan yang mereka lakukan. Untuk merasa lebih baik, mereka justru menyalahkan dirimu dan mengungkit kelemehan-kelemahan yang kamu miliki. 

Itu tadi 5 tanda orangtua kamu melakukan gaslight terhadap dirimu. Meskipun begitu, orangtua juga tetap lah seorang manusia yang memiliki banyak kekurangan dan pasti berbuat salah. Kamu bisa mengedukasi mereka secara perlahan dan jika perlakuan gaslight dari orangtuamu mulai menganggu keseharian kamu, kamu bisa mencari bantuan profesional untuk mengatasi permasalahan yang kamu miliki (Penulis: Rahel Azzahra).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel