Teater Sebagai Daya Tarik Wisata Baru di Lampung

Teknokra.id - Di bawah sorotan lampu panggung, muncul seorang perempuan dengan memakai setelan gaun hitam lengkap dengan topi dan membawa pistol. Ia berlari kecil menuju tengah panggung dengan mengendap- endap melihat sekelilingnya.
d0r.. 
d0rrr......
d0rrr....
Suara tembakan menjadi pembuka teater monolog kedua dengan tajuk "Miss Bawon" yang ikut memeriahkan pagelaran seni. Acara tersebut digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung melalui UPTD Taman Budaya Lampung, Sabtu (28/8). Disiarkan langsung melalui kanal YouTube UPTD Taman Budaya Lampung, pertunjukan tersebut sukses digelar ditengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 
Foto : Dhea Putri Utami
Teater yang tergabung dalam pagelaran seni tersebut biasanya  diadakan setiap tiga bulan dalam setahun, dengan mengusung tema Parade V Perempuan Monolog. Perhelatan seni teater ini diikuti oleh Teater KIP KSS "Perempuan Pilihan", Teater Viribus "Miss Bawon", Teater Jabal "Wanci" dan Teater Satu Lampung " Prita Istri Kita". 

Pertunjukan teater memiliki daya tarik tersendiri bagi penonton. Melihat secara langsung para pelakon dalam memainkan perannya menjadikan teater memiliki peluang yang besar untuk dijadikan sebuah daya tarik wisata Provinsi Lampung khususnya di Bandarlampung.

Jika ditilik kembali, Lampung masih perlu menambahkan pariwisata malam yang memiliki ciri khas daerah Lampung tetapi tetap dibalur seni. Teater menjadi pilihan yang tepat, karena dalam pertunjukan teater dapat mengangkat cerita- cerita rakyat Lampung dan dapat dikenalkan ke wisatawan yang berkunjung ke Lampung.

Bali dan Yogyakarta menjadi daerah- daerah yang memiliki priwisata seni yang sangat terkenal. Lampung berpotensi menjadi daerah yang memiliki wisata malam yang mengangkat kearifan lokal daerah Lampung melalui teater (Penulis : Dhea Putri Utami).  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel