Cara Menuju Bebas Finansial Selama 5 Tahun

Teknokra. id - Bebas finansial sering kali menjadi impian setiap orang. Dari generasi milenial hingga generasi Z, bebas finansial sebagai tujuan ketika mereka sedang produktif bekerja. 

Bebas finansial sendiri diartikan sebagai pensiun dini, ketika kita tidak lagi dipusingkan dengan persoalan pendapatan dan mampu membeli apapun yang kita inginkan tanpa memikirkan cicilan. Hal tersebut menjadi ciri utama bahwa kalian sudah bebas dalam finansial.
Cara Menuju Bebas Finansial Selama 5 Tahun
Dalam mencapai bebas finansial dapat dilakukan dengan berbagai cara, walaupun nantinya gaji kalian hanya sebatas Upah Minimum Regional (UMR).  Berikut cara menuju bebas finansial yang dapat kalian terapkan :

Tahun ke 1 Fokus Menabung 

Ketika sudah memiliki tekat untuk bebas finansial, kalian bisa memulainya dengan otomasi setidaknya 20% pendapatan kalian untuk menabung. Menabung menjadi cara paling ampuh untuk bisa bebas finansial, jika menabung membuat kalian kesulitan, maka ingatlah ini sebagai bentuk tamparan untuk kita. 

Orang miskin hanya kerja keras dan menghambur- hamburkan uang. Tapi orang kaya akan bekerja keras, menabung untuk investasi sehingga mereka tidak pernah bekerja lagi. 

Tahun ke 2 Sisikan Uang Darurat

Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan kita lewati kedepannya, yang bisa kita lakukan hanyalah mempersiapkan untuk melewatinya. Ketika diperjalanan nanti kita dihadapi dengan rintangan yang sulit, dan harus mengeluarkan dana yang cukup besar tanpa adanya perencanaan dulu, hal tersebut membuat kita berada pada krisis keuangan yang akan menyulitkan kita kedepannya.

Untuk mengantisiasi hal tersebut menyisihkan uang untuk dana darurat membuat kita bisa bernafas lega setidaknya. 

Tahun ke 3 Mulai Bangun Bisnis 

Pada tahun ketiga akan menjadi tantangan terbaru lagi bagi kalian yang sudah mulai mencoba bebas finansial, ketika kalian sudah terbiasa menabung dan menyisihkan uang. Selanjutnya kalian bisa mulai membuka bisnis sesuai dengan passion hingga melebihi penghasilan kalian. 

Tahun ke 4 Investasi

Investasi merupakan bentuk penggandaan harta yang dapat kita lakukan. Investasi saat ini bisa dilakukan oleh siapapun dan yang berpenghasilan berapa saja. Investasi menjadi langkah selanjutnya untuk mengembangkan dan meningkatkan keuntungan bisnis yang kita miliki. 

Tahun ke 5 Mulai Merasakan Bebas Finansial 

Menginjak tahun ke 5 biarkan uang kalian mengalir dan bekerja, ketika kalian sudah terbiasa menabung, memiliki simpanan uang darurat, bisnis yang berkembang dan investasi yang lambat laun semakin bertambah. Pada tahap ini kalian sudah bisa merasakan bebas finansial, karena kalian sudah memproporsikan kebutuhan pokok kalian dengan semestinya.

Nah, jika kalian sudah memiliki keinginan untuk bebas finansial nantinya, tunggu apalagi mari mencobanya dan berusaha terlebih dahulu untuk mengetahui hasil dari proses kita (Penulis : Dhea Putri Utami). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel