Cara Mengisi KRS (Kartu Rencana Studi) Bagi Mahasiswa Unila

 Teknokra.id-  Mahasiswa baru pasti akan merasa asing dengan kata KRS (Kartu Rencana Studi), karena sistem KRS baru diterapkan di lingkungan perkuliahan. 

KRS (Kartu Rencana Studi) merupakan sebuah kartu yang berisi mata kuliah apa saja yang akan diambil pada jurusan dan semester tertentu. Sebagai seorang mahasiswa pengisisan KRS menjadi wajib untuk terselenggaranya perkuliahan. 

Pengisian KRS juga berguna untuk merekam data- data pribadi guna arsip kampus, agar tercatat menjadi mahasiswa aktif bukan mahasiswa yang sedang mengambil cuti. Jika tidak mengisis KRS akan berakibat fatal dalam perkuliahan, kita tidak diperbolehkan untuk mengikuti seluruh mata kuliah yang berlangsung.

Kartu Rencana Studi nantinya akan berpengaruh dalam SKS untuk menyelesaikan program studi yang sudah disusun. Pengisian KRS di Universitas Lampung sudah dilaksanakan secara daring, berikut cara mengisis KRS di Universitas Lampung :

1. Login Siakadu Unila

Bagi Mahasiswa Unila dalam mengisi KRS akan ditujukan untuk mengunjungi laman Siakadu, dalam siakadu tersedia berbagai fitur pelayanan mahasiswa  termasuk dalam pengisian Kartu Rencana Studi. Lalu kalian bisa mencari KRS dan pilih mata kuliah. 

2. Sesuaikan Jadwal Prodi atau Jurusan 

Jika jurusan atau prodi kalian menggunakan sistem KRS paket dimana satu angkatan sudah ditentukan mengambil mata kuliah apa saja, kalian tidak perlu bingung. Ketika kalian masih menggunakan sistem paket, kalian tidak perlu menentukan mata kuliah mana yang mau diambil.

3. Menyesuaikan Nilai IP

Indeks Prestasi biasanya akan menjadi penentu seberapa banyak SKS yang dapat diambil dalam satu semester. Biasanya semakin tinggi nilai IP akan semakin banyak dalam mengambil jumlah SKS. Unila menerapkan SKS terbanyak sejumlah 24.

4.  Cari Kelas yang Sesuai

Carilah kelas yang tidak bentrokan dengan kelas lain, kalian bisa melihat waktu yang tersedia di KRS, apakah mata kuliah tersebut bertabrakan atau tidak dengan mata kuliah lain. Ketika waktun sudah sesuai maka kalian bisa mengikuti perkuliahan dengan tenang. 

Begitulah cara mengisi Kartu Rencana Studi, untuk mahasiswa yang memprioritaskan lulus cepat. Sangat disarankan untuk dapat mengambi 24 SKS disetiap semester (Penulis: Dhea Putri Utami). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel