Tips Menyimpan Sayuran Selama Terjebak di Kost saat Pandemi

Teknokra.id - Di Saat Pandemi Covid-19 ini kita memang disarankan untuk tidak banyak berpergian ke luar rumah terlebih saat ini sedang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masayarkat (PPKM), walau demikian selama berada di rumah saja kita harus tetap menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan dengan banyak cara, salah satunya dengan mengonsumsi sayur. 


Bagi anak kos di rantauan sering kali menyimpan stok sayur untuk dimasak menjadi masalah yang sulit bagi mereka karena banyak yang tidak memiliki kulkas untuk menyimpan. Tapi jagan khawatir kamu tetap bisa menyetok sayur dan buah sehingga aktivitas kalian di luar rumah untuk belanja sayur dapat berkurang dengan tips berikut ini.

1. Pilihlah sayur dan buah dengan keadaan yang masih segar saat membeli

Dengan memilih sayur dan buat dalam kondisi yang segar maka saat dibeli, maka usia simpannya akan jauh lebih lama tidak mudah busuk. Jadi pastikan sayur yang kamu beli diperiksa baik-baik ya. 

2. Letakkan Sayur Berbatang di Wadah Berisi Air

Untuk sayuran yang berbatang seperti kangkung, bayam, pakcoy, sawi, dan lain-lain dapat tahan lama jika diletakkan dalam wadah berisi air karena akarnya masih akan menyerap air yang terdapat dalam wadah tersebut. Air yang diberikan juga tidak boleh terlalu banyak cukup dengan merendam sampai akarnya  saja, sebab jika direndam sampai kebatangnya sayuran akan cepat berwarna kekuningan dan membusuk. Setelah itu jangan disimpan dalam tempat yang lembab namun simpanlah pada suhu ruangan normal.

3. Bungkus Bumbu Dapur dengan Kertas

Aneka bumbu dapur seperti bawang, cabai, dan rempah-rempah lainnya agar tidak cepat membusuk kamu dapat membungkusnya dengan kertas, dengan cara ini umur simpannya dapat lebih lama karena sirkulasi udara dalam kertas baik sehingga keadaannya tetap kering tidak cepat jamuran dan membusuk.

4. Pilih Sayuran yang Memiliki Tekstur Keras 

Sayuran dengan tektur keras atau bukan dedaunan seperti terung, kol, kubis, wortel, labu siam, dan lain-lain memiliki usia simpan yang cukup lama di luar kulkas asal diletakan pada tempat yang kering sehingga kamu tidak perlu bersusah payah untuk merendamnya dalam air ( Penulis : Yesi Sarika ). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel