Nurbaya, Serial Musikal Sekelas Netflix yang Bisa Ditonton Gratis

Teknokra.id - Kanal YouTube IndonesiaKaya berhasil menarik penonton dengan karya-karya unik dan apiknya. Terhitung sudah enam karya yang mengadaptasi cerita rakyat Indonesia terkemas dalam #MusikalDiRumahAja pada 2020 silam. IndonesiaKaya kembali menayangkan serial musikal yang dapat dinikmati para penikmat seni Indonesia di paruh kedua tahun ini.

Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli adalah judul Novel yang diadaptasi oleh Serial Musikal Nurbaya. Tayang perdana sejak 1 Juli 2021, Nurbaya akan hadir dalam enam episode yang tayang setiap Kamis (19.00) di kanal YouTube IndonesiaKaya. Serial Musikal ini hanya tayang satu episode di setiap minggunya.

Nurbaya menjadi produk kolaborasi antara IndonesiaKaya, Garin Nugroho, kelompok Teater Musikal Nusantara (Teman), dan BOOW Live. Berbeda dengan produksi lainnya, serial musikal ini akan menghadirkan wajah baru dan talenta-talenta para pekerja seni yang berhasil lulus casting dalam program audisi online.

Serial Musikal Nurbaya

Arawinda Kirana berhasil mendapuk peran utama dalam Serial Musikal Nurbaya sebagai Sitti. Arawinda sendiri adalah aktris muda pendatang baru yang memenangkan Piala Maya 2020. Tokoh Samsul Bahri diperankan oleh Bukie Mansyur. Bukie adalah seorang penyiar radio, DJ dan produser yang telah menuangkan minat melalui teater musikal kampusnya. Tuan Meringgih si Antagonis akan diperankan oleh  Bima Zeno Pooroe. Bima telah bermain teater musikal sejak 2010 dan berkiprah dalam dunia seni pertunjukan sebagai penyanyi.

Selain tiga karakter utama di atas, terdapat karakter-karakter menarik lain dalam serial ini. Sebut saja Nola sebagai Etek Rahma, Galabby sebagai Isabella, Jessica Januar sebagai Siti Alimah, dan Elly Kasyim penyanyi Minang legendaris. Karakter-karakter ini memperkaya cerita Sitti Nurbaya.

Mencari Siti

Mencari Siti menjadi tajuk program online untuk mencari bakat-bakat andal sebagai pemeran Serial Musikal Nurbaya. Program ini sudah dimulai sejak Desember 2020.

Arawinda, Bukie dan Bima, ketiganya berhasil lolos dalam audisi tahap kedua yang berlangsung secara offline. Mereka mengungguli peserta lain yang berasal dari Jakarta, Padang, Malang, Bandung, dan Mataram. Para peserta casting ditantang untuk menyanyikan lagu dan membacakan dua monolog yang telah ditentukan ke hadapan juri secara langsung ataupun secara virtual melalui kiriman video.

"Proses menentukan tiga karakter utama dalam serial musikal yang diadaptasi dari novel Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli ini bukan hal yang mudah karena kemampuan yang ditunjukkan oleh para peserta audisi ini sungguh luar biasa," kata Renitasari Adrian, Program Director.

Seniman di Balik Layar Serial Musikal "Nurbaya"

Visualisasi Serial Musikal Nurbaya yang enak ditonton, menyajikan Budaya Minang dalam sentuhan teknologi dan acting pemeran yang apik membuat penonton terkesima. Jarang sekali para penonton menemukan karya serial sekelas Netflix yang bisa ditonton gratis ini. Tentu saja, semua keapikan itu tak lepas dari aksi dan tangan ajaib para kru produksi.

Diproduseri Bayu Pontiagust, serial ini menggabungkan teknik panggung dan teknik film dengan arahan Venytha yang berperan sebagai sutradara teater dan Naya Anindita sebagai sutradara film. Di balik lantunan suara indah dan musik yang memanjakan telinga sepanjang serial ini, Andrea Miranda dan Gabriel Harvianto bertindak sebagai pelatih vokal dan Ivan Tangkulung sebagai direktur musik.

Kolaborasi apik rekaman gambar menyempurnakan koreografi dan penampilan para lakon. Bella Panggabean sebagai sinematografer, Caron Shaine sebagai manager produksi, dan Iskandar Loedin sebagai direktur artistik. Proses yang berawal dari panggung untuk ditampilkan virtual akhirnya diproduksi layaknya sebuah film menjadi hal baru bagi hampir semua yang terlibat.

“Keseluruhan proses Serial Musikal Nurbaya ini mulai dari musik, tari, kostum sampai pengambilan gambar merupakan jerih payah seniman di belakangnya. Semoga produksi terbaru ini dapat memberikan warna baru bagi penikmat seni di Indonesia dan menggugah para generasi muda untuk mengulik berbagai karya sastra Indonesia yang luar biasa,” ujar Renitasari, Program Director.

Sungguh kolaborasi yang apik bukan?. Serial Musikal Nurbaya ini sudah bisa ditonton di kanal YouTube IndonesiaKaya (Penulis: Silvia Agustina).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel