MBTI Test Untuk Mengetahui Kepribadian Kamu

Teknokra.id - MBTI test atau Meyers-Briggs Type Indicator test merupakan tes kepribadian yang paling banyak digunakan di seluruh dunia bahkan dijadikan indikator untuk melihat kepribadian seseorang pada perekrutan kerja di perusahaan-perusahaan. 

Test yang didasarkan oleh teori psikologi Carl Jung ini mulai diperkenalkan pada tahun 1942 oleh Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers. 

Kamu mungkin berpikir bahwa kepribadian seseorang hanya dikategorikan dengan introvert dan extrovert saja, tetapi melalui test kepribadian MBTI kamu akan diperkenalkan dengan banyak macam indikator kepribadian yang sebenarnya dimiliki oleh setiap orang. 

Tes MBTI membagi kepribadian seseorang menjadi beberapa kategori: 

1. Extraversion (E) - Introversion (I)

Kategori yang pertama ini biasanya dikenal dengan Extrovert dan Introvert. Dalan kategori ini, MBTI menilai bagaimana cara kamu menanggapi interaksi di sekitarmu. Extrovert cenderung menyukai interaksi sosial dan merasa energinya penuh setiap kali berinterekasi dengan orang-orang. Kebalikan dari Extrovert, Introvert cenderung lebih menyukai interaksi yang mendalam dan intim serta menemukan dirinya bersemangat setelah menghabiskan waktu sendirian. 

2. Intuitive (N) - Sensory (S)

Kategori ini menilai bagaimana kamu memproses jenis informasi. Intuitive cenderung memikirkan apa yang akan terjadi di masa depan sedangkan Sensory berfokus pada fakta dan apa yang sedang mereka alami sekarang. 

3. Thinking (T) - Feeling (F)

Kategori ini menilai bagaimana kamu mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diterima. Thinking berarti kamu adalah orang yang suka berpikir objektif ketika mengambil keputusan. Sementara Feeling, menunjukkan bahwa kamu cenderung banyak mempertimbangkan nilai, emosi, dan perasaan saat mengambil keputusan.

4. Judging (J) - Perceiving (P)

Kategori terakhir ini menunjukkan bagaimana gaya kita ketika menjalani hidup. Judging menunjukkan kamu adalah orang yang suka dengan hal-hal yang terstruktur dan terencana.  Sementara Perceiving menunjukkan kamu lebih terbuka, fleksibel, juga mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan berbeda.

Itulah 4 kategori yang menjadi indikator dalam tes MBTI ini. Pada dasarnya, setiap orang memiliki semua kepribadian yang terdapat di dalam kategori-kategori tersebut, tetapi ada yang lebih dominan di antara 1 kategori. 

Misalkan pada kategori pertama kamu mendapatkan hasil bahwa kamu 45% Introversion dan 65% Extraversion. Berarti kamu merupakan Extraversion, menurut tes kepribadian satu ini. 

Untuk mencoba tes kepribadian ini, kamu bisa melakukannya secara online dan gratis. Cukup kunjungi Google dan cari dengan keyword MBTI Test kamu sudah dapat mencoba tes kepribadian yang banyak digunakan untuk perekrutan kerja ini Penulis: Rahel Azzahra. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel