Cara Mudah Mengasah Speaking Skill dalam Bahasa Inggris

Teknokra.id –    Dengan zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, perlu untuk orang-orang menguasai Bahasa Inggris. Banyak pekerjaan, beasiswa, dan banyak lainnya yang persyaratan dalam pendaftarannya harus bisa berbahasa Inggris, atau setidaknya menguasai beberapa skill, misalnya speaking skill.

Kamu bisa lho, mengasah speaking skill dengan latihan sendiri di rumah! Tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk menyewa seorang tutor untuk melatihmu, karena kamu dapat melakukan nya sendiri. Tentunya dengan cara yang kamu sukai. Berikut cara-cara yang dapat kamu gunakan untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris mu!

1. Mendengarkan Sekaligus Menyanyikan Lagu Berbahasa Inggris

Cara ini sangat menyenangkan, kamu bisa mencobanya setiap hari. Cari lagu berbahasa inggris yang sesuai dengan genre kesukaanmu. Putar terus lagunya sampai lidahmu fasih dalam pelafalannya! Selain belajar dalam pengucapan, kamu juga dapat sekaligus belajar structure nya apabila kamu memperhatikan liriknya.

2. Berbicara Sendiri di Depan Kaca

Kamu dapat mencoba berbicara menggunakan Bahasa Inggris dengan dirimu sendiri di depan kaca, seperti seolah kamu berbicara kepada temanmu. Kita dapat menggunakan cara ini apabila kita belum PD untuk mencoba berbicara dengan orang lain.  Kamu dapat mencoba bercerita tentang kegiatan hari-hari mu, perasaanmu di hari itu, dan sebagainya. 

3. Mencari Patner Dalam Berlatih dan Mengobrol

Apabila kamu sudah memiliki kepercayaan diri untuk mengobrol bersama dengan orang lain menggunakan Bahasa Inggris, kamu tentu dapat mengajak temanmu untuk berlatih bersama. Hal ini sangat diperlukan lho, agar kamu tahu letak kesalahan kamu dimana, kamu dan teman-mu dapat saling mengoreksi kesalahan satu sama lain.

4. Bergabung dengan Komunitas Bahasa Inggris

Cara berikutnya tentu sangat membantu kamu dalam menguasai Bahasa Inggris. Komunitas Bahasa Inggris biasanya dapat kita temukan, di sekolah maupun di universitas. Kamu dapat bergabung dengan mereka dan berlatih. Biasanya kamu akan mendapatkan pelajaran lebih banyak, kalau kamu bergabung dengan komunitas Bahasa Inggris, tidak hanya speaking, kamu akan belajar tentang grammar, writing, dan banyak lainnya.

5. Perbanyak Mendengarkan Native Speaker Berbicara

Agar pelafalanmu semakin bagus, rajin-rajinlah mendengarkan native speaker. Kamu dapat mendengarkannya di podcast Spotify, di Youtube dan banyak platform lainnya. Setelah mendengarkan, kamu dapat mencontohnya dan mencobanya sendiri.  Juga akan lebih baik kalau semua cara diatas dilakukan secara rutin! (Penulis: Alisha Andayani).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel