Cara Jitu Edit Video Bebas Copyrigt dan Hak Cipta Oleh YouTube

Teknokra.id - Pesatnya perkembangan dunia digital dari tahun ketahun semakin dapat dirasakan. Semua yang awalnya sulit menjadi lebih mudah dilakukan karena kehadiran internet. Segala macam pekerjaan, informasi, dan pendidikan dapat diakses kapan pun tanpa batasan waktu serta tempat kamu berada. 

Internet adalah gudang informasi dan pengetahuan. Melalui beberapa platform digital kamu bisa mengakses apapun diseluruh penjuru dunia. Salah satu platform  yang paling terkemuka adalah YouTube. YouTube menyediakan informasi berbasis video tayangan yang diunggah oleh seorang YouTuber, dari hasil unggahan tersebut content creator video akan memperoleh pendapatan dari jumlah total viewers di kanal yang mereka miliki. 

Total pendapatan nya pun tak main - main, kamu bisa memperoleh jutaan rupiah dari video hasil unggahan. Karena alasan tersebut mulai banyak orang yang membangun kanal Youtube mereka sendiri  dari nol dengan harapan menjadi jutawan dalam waktu singkat. 

Namun kenyataannya saat memasuki dunia per-YouTube-an banyak content creator yang mengeluh video mereka terkena copyright dan hak cipta oleh pihak YouTube. Lalu bagaimana mengatasinya ? disini penulis akan sedikit berbagi ilmu Cara Jitu Edit Video Bebas Copyrigt dan Hak Cipta Oleh YouTube, berikut ulasan selengkapnya:


1. Atur volume video dan sisipkan back ground music anti copyrigt

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk terhidar dari copyrigt dan hak cipta YouTube adalah dengan mengatur besar kecilnya volume video asli dan menyisipkan audio musik bebas copyright yang dapat kamu unduh dari beberapa situs web seperti: Bensound, NCS (No Copyright Sound), FBM ( Free Background Music), dan lain-lain.

Sedangkan untuk mengedit volume video kamu bisa menggunakan beberapa software khusus seperti: Adobe Audition atau Audacity. Dengan mengedit hal sederhana semacam ini dapat memanipulasi kecerdasan butan dari algoritma YouTube.


2. Atur speed video 

Banyak dari YouTuber pemula yang asal comot video orang tanpa melakukan pengeditan speed video dan berakhir mengeluh video mereka terkena copyright atau pelanggaran hak cipta. Kanal-kanal seperti film anime, spoiler film dan video lucu, harus lebih memperhatikan speed video yang mereka tampilkan agar terhindar dari copyright.

Kamu harus menentukan bagian dari video mana yang harus dipercepat atau diperlambat, lakukan pertimbangan dengan matang agar hasil editan lebih rapi dan enak dilihat.


3. Gunakan video yang terikat pada licence creative commons

Setelah kamu melakukan kedua cara di atas dengan baik, tetapi masih saja mendapat peringatan dari pihak YouTube tentang hak cipta orang lain, maka kamu wajib mencari sumber video yang terikat pada licence creative commons.

Adapun cara mendapatkan video dengan basis licence creative commons adalah sebagai berikut:

a. Langkah pertama masuk ke platform YouTube

b. Ketikan keyword dipencarian YouTube dan tekan enter

c. Jika video yang terikat pada licence creative commons telah muncul, download video, lalu lakukan pengeditan serta kompilasi sekreatif mungkin.


4. Lakukan penggabungan video dari beberapa judul sejenis

Menggunakan video hasil download-an dari satu judul kanal dapat memperbesar peluang video kamu terkena pelanggaran hak cipta YouTube, oleh karena itu kumpulkan video-video sejenis dari beberapa kanal, lalu ambil sempel part dan gabungkan menjadi satu bagian. Kemudian perhalus transisinya agar penonton lebih nyaman dan betah berada di kanal kamu.


5. Tambahkan intro dan outro pada video hasil editan

Intro dan outro pada video YouTube menjadi bagian penting dalam proses editing video, karena dua bagian ini layaknya seperti identitas yang akan memperkenalkan kanal kamu kepada para penonton. Untuk pembuatan intro dan outro kamu bisa menggunakan software dan template yang tersedia secara geratis di Google Play dan Appstore.

Nah, diatas adalah beberapa cara jitu edit video bebas copyright dan hak cipta oleh pihak YouTube, semoga bermanfaat dan membantu permasalahan kalian. Serta terus semangat berkarya dan hasilkan karya-karya terbaik mu! (Penulis: Suryaningsih).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel