Bende: Alat Musik Khas Lampung yang Dimainkan dengan Dipukul

Teknokra.id - Indonesia yang terkenal dengan keberagamannya kaya akan seni dan kebudayaan setiap daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki seni dan kebudayaannya yang unik dan memiliki ciri tersendiri. 

Salah satu seni tersebut adalah seni musik. Di Lampung sendiri memiliki salah satu alat musik khas yang dinamakan Bende. 

Bende sendiri merupakan alat musik yang masuk ke dalam jenis idiofon, alat musik yang bunyinya berasal dari bahan dasar pembuatan alat musiknya. 

Memiliki suara khas ketika dipukul, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul memakai alat yang terbuat dari kayu dengan ukuran panjang sekitar 20 sentimeter. Pada bagian ujung alat pemukulnya terdapat bantalan yang terbuat dari kain. 

Alat musik yang terbuat dari perunggu atau tembaga dengan bentuk bulat dan terdapat tonjolan di bagian tengahnya ini jika dilihat memang mirip dengan gong pada Gamelan Jawa. Bende tak jarang dijadikan sebagai perpaduan dengan alat musik lainnya untuk menciptakan bunyi yang indah. 

Cara memainkan Bende adalah dengan cara dipukul, suara yang keluar tergantung dari kerasnya pemain Bende memukul permukaan perunggu atau tembaga tersebut. 

Bende dulunya digunakan sebagai alat pemberi peringatan ketika ada informasi yang harus disampaikan pada masyarakat. Kini Bende lebih sering digunakan dalam berbagai acara kebudayaan (Penulis: Rahel Azzahra). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel