Ilmu Komunikasi: Salah Satu Jurusan SOSHUM Favorite di UNILA

Teknokra.id - Pendidikan merupakan elemen penting dalam kehidupan suatu bangsa, karena dengan pendidikan yang baik, mampu melahirkan regenerasi penerus bangsa yang berkualitas.

Banyak siswa SMA yang ingin melanjutkan ke bangku perkuliahan. Teruntuk mereka yang berasal dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, salah satu jurusan yang rekomendasi bagi kalian yakni jurusan Ilmu Komunikasi.



Universitas Lampung (Unila) sendiri, Jurusan Ilmu Komunikasi nya sudah berakreditasi A dan menjadi salah satu jurusan favorit bagi calon mahasiswa, baik itu dari dalam Lampung maupun dari luar Lampung. 

Ilmu Komunikasi di Unila membuka 5 jalur pendaftaran yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat, Jalur Prestasi, dan Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP).

Seleksi masuk jurusan ini pun cukup ketat.  Dikutip dari winmahdi.com, untuk keketatan masuk Ilmu Komunikasi Unila sendiri yakni 6% dari jalur SBMPTN pada tahun 2020. Dan Ilmu komunikasi sendiri merupakan jurusan terketat kedua di Unila untuk program Sosial Humaniora (SOSHUM) setelah manajemen.

Untuk jumlah kursi yang diterima di Ilmu komunikasi Unila tahun ini hanya menyediakan 65 kursi saja dari semua jalur penerimaan, terkecuali jalur mandiri. Di tahun 2020 kemarin, jumlah siswa yang diterima di SNMPTN yakni sejumlah 20 mahasiswa, di SBMPTN sebanyak 50 mahasiswa, dan di jalur mandiri ada 26 mahasiswa.

Fasilitas yang diberikan di jurusan ini pun cukup lengkap, yakni terdapat laboratorium fotografi dan laboratorium siaran televisi bagi mahasiswa yang akan melakukan praktikum mata kuliah, ruang kelas, ruang, dosen, dan juga toilet. 

Untuk jenjang karir dari lulusan jurusan ini pun sangat fleksibel. Bisa menjadi humas perusahaan, jurnalis, Human Resources and Development, presenter, news anchor, bahkan artis sekalipun lho. So, untuk kamu yang ingin mencari jurusan yang prospek kerjanya menjanjikan , Ilmu Komunikasi lah salah satunya. Karena lulusan dari jurusan ini akan selalu dibutuhkan dimasa yang akan datang (Penulis: Fajar Hendra Jaya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel