Cara Membuat Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Bagi Mahasiswa Baru Unila

Teknokra.id - Mahasiswa baru yang sudah diterima di Universitas Lampung pasti memerlukan sebuah identitas bahwa sudah menjadi bagian dari Universitas Lampung. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) merupakan identitas bagi setiap mahasiswa, maka setiap mahasiswa baru diwajibkan untuk mengurus Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) diawal registrasi ulang. 

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) biasanya memuat informasi seperti nama, Nomor Pokok Mahasiswa (NPM), serta asal fakultas. KTM yang disediakan oleh Universitas Lampung bekerjasama dengan Bank  Negara Indonesia (BNI), jadi KTM yang menjadi identitas mahasiswa bisa juga digunakan sebagai  ATM.  



Dalam membuat KTM bagi mahasiswa baru cukup melengkapi beberapa persyaratan yang sudah disertai ketika melakukan registrasi ulang. Berikut cara membuat KTM bagi mahasiswa baru:

1. Melakukan registrasi 

Biasanya mahasiswa baru yang diterima di Universitas Lampung harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk itu mahasiswa baru wajib melakukan registrasi ulang,  dalam kondisi pandemi ini registasi dilakukan secara daring. 

2. Membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Jika sudah melakukan registrasi, maka kalian  harus melaksanakan pembayaran UKT. Pembayaran UKT dilaksanakan agar menjadi tanda bahwa mahasiswa yang diterima di Universitas Lampung siap menjadi mahasiswa Unila. 

3. Membawa Fotokopi KTP 1 dan Cetak KTM Sementara

Kalian akan diminta untuk membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan cetak KTM Sementara yang didapatkan ketika registrasi sebelumnya. Jika persayaratan sudah terkumpul kalian bisa menyerahkannya kepada petugas Bank untuk diurus terlebih dahulu, saran bagi kalian yang mau mengurus KTM diharapkan untuk datang pagi, karena antrian yang sangat panjang akan membuat kalian menunggu lama. 

4. Membawa Uang 100 Ribu untuk mengaktifkan ATM

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang berfungsi juga sebagai ATM bisa juga digunakan selayaknya alat pembayaran. Namun, kalian wajb mengaktifkan terlebih dahulu dengan cara mengisi saldo sebesar 100 ribu untuk mengaktifkan ATM. 

5. Datang ke Bank BNI mengisi borang persyaratan KTM

Untuk membuat KTM, kalian diwajibkan untuk datang sendiri ke Bank BNI dan tidak boleh diwakilkan oleh siapapun. Jika sudah sampai di Bank BNI kalian akan diminta untuk mengisi persyaratan pembuatan rekening baru. 

Mahasiswa yang sudah mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa harus menjaga dengan baik- baik hingga lulus kuliah, jika mahasiswa sudah menyelesaikan tugas akhir dengan baik. Maka Kartu Tanda Mahasiswa tersebut wajib dikembalikan ke kampus (Penulis: Dhea Putri Utami). 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel