5 Masker Alami yang Dapat Membantu Merawat Wajah

Teknokra.id – Terlalu sering terkena paparan sinar matahari akan memicu kemunculan masalah di wajah. Seperti wajah menjadi kering karena kurangnya kadar kelembaban pada wajah, berjerawat, kusam, bahkan memicu terjadinya penuaan dini pada wajah. 

Menggunakan masker merupakan salah satu cara yang dapat kita gunakan sebagai langkah dalam merawat wajah. Melembutkan kulit, mencerahkan, membuka pori-pori yang tersumbat, mengoksidasi wajah dan banyak lagi maanfaat yang akan kita dapatkan dari menggunakan masker. Selain itu, apabila penggunaanya teratur, maka dapat membantu mencegah penuaan dini dan memngurangi munculnya keriput dan garis-garis halus pada wajah. 

Masker wajah memiliki banyak jenis di pasaran, seperti masker dari bahan alami, clay mask, peel off mask, sheet mask dan banyak lagi macamnya. Dapat dikatakan, masker alami lebih aman daripada jenis masker lainya, karena bahan dasar yang digunakan tidak menggunakan alkohol dan bahan kimia.

1. Masker Teh Hijau

Kandungan dalam teh hijau diketahui dapat mengangkat sel kulit mati, mencegah kerusakan kulit, dan membuat kulit menjadi lebih lembab. Cara untuk membuat masker teh hijau, campurkan bubuk teh hijau dengan madu dan yoghurt. Aduk rata, kemudian aplikasikan di wajah selama 20 menit. 

2. Masker Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat kaya dan juga mengandung flavonoid yang membantu mencerahkan kulit wajah serta noda kusam. Cara membuatnya ialah, campurkan air lemon dengan putih telur, aduk hingga rata, kemudian gunakan diwajah 10-15 menit. Di beberapa wajah akan terasa sedikit perih, namun tidak perlu khawatir, itu hanya reaksi dari vitamin C yang tinggi. 

3. Masker Bengkoang

Diketahui bahwa bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang berperan dalam mencerahkan wajah. Cara membuat masker bengkoang yaitu, parut bengkoang yang sudah dikupas kulitnya, peras dengan menggunakan air, dan gunakan sarinya sebagai masker. Aplikasikan pada wajah, dan tunggu sampai 20 menit.

4. Masker Alpukat

Terdapat banyak kandungan dalam alpukat seperti antioksidan, vit. E, dan vit. C yang bermanfaat dalam melundungi kulit dari penuaan dini serta membuat kulit tetap kenyal. Cara membuat masker alpukat yaitu, haluskan daging alpukat sampai lembut, oleskan pada wajah dengan merata, kemudian tunggu sampai 20 menit.

5. Masker Kopi

Kopi memiliki antioksidan yang tinggi dan mampu menangkal berbagai masalah kulit akibat radikal bebas. Cara membuatnya ialah, campurkan bubuk kopi dengan madu, kemudian aduk hingga rata. Oleskan pada wajah, dan diamkan selama 15 menit (Penulis: Alisha Andayani).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel