5 Cara Jadi Mahasiswa yang Aktif dan Berkualitas

Teknokra.id - Kuliah merupakan masa awal transisi dari siswa menjadi mahasiswa, yap siapa yang tidak ingin menjadi mahasiswa. Mahasiswa merupakan impian setiap anak SMA  setelah lulus itu. 

Ketika menjadi mahasiswa, masa-masa ini bisa digunakan untuk mengasah kemampuan sosial sebelum terjun ke dunia kerja, yaitu dengan menjadi mahasiswa aktif di kampus, bukan sekedar mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) atapun kuliah nongkrong-kuliah nongkrong. 


Menjadi mahasiswa aktif di kampus akan sangat berguna, salah satunya yaitu dapat memperluas networking, menambah pengalaman, dan mempercantik CV.  Lalu bagaimana menjadi mahasiswa yang aktif itu? berikut 5 caranya!  

1. Mulai Daftar UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Bagi mahasiswa baru, UKM merupakan tempat yang sangat tepat untuk kita mengawali  hidup sebagai mahasiswa. Kita bisa memilih UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Jangan sampai ikut UKM hanya karena ikut-ikut dengan teman saja ya, karena itu hanya akan buang- buang waktu. Tetapkan dalam hati bahwa UKM yang kita pilih nanti merupakan UKM yang akan memberikan banyak pelajaran yang bermanfaat.

2. Mengikuti Seminar Kampus

Mengikuti seminar dapat menambah pengetahuan dan ilmu. Pilihlah seminar-seminar yang menyediakan pemateri-pemateri keren dan hebat agar kita dapat banyak mengambil ilmu dan informasi darinya. Mengikuti seminar juga dapat membuat kita memiliki cara pandang yang berbeda, mampu memperluas wawasan, cara berpikir, dan tidak lupa networking.

3. Aktif di kelas 

Aktif di kelas akan menjadi poin tambahan di mata dosen. Di lain sisi kita akan dikenal oleh dosen, maka kita juga akan menjadi mahasiswa yang kritis jika mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh. Jadi mulai lah bertanya jika diberi kesempatan bertanya dengan dosen. 

4. Mengikuti Pekan Kreatif Mahasiswa

Mahasiswa dituntut untuk mengeluarkan ide-idenya yang menarik untuk melakukan perubahan kepada negerinya. Banyak  dari mahasiswa berlomba-lomba untuk membuat karya ilmiah dan membuat gagasan untuk diikutkan dalam PKM. Jika kita mampu lolos dalam seleksi PKM, maka kita akan terbebas dari tugas akhir perkuliahan atau skripsi.

5. Mengikuti Pertukaran Pelajar atau Magang 

Ketika menjadi mahasiswa, pas banget nih untuk ikutan pertukaran pelajar atau mencari pengalaman menjadi magang di perusahan tertentu. Dari sana kita akan banyak mendapat pengalaman dan teman baru dari pertukaran pelajar atau magang. Selain mendapatkan pengalaman dan teman, kita juga bisa mengisi cv dengan pengalaman yang pernah kita dapatkan tersebut (Penulis: Dhea Putri Utami). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel