Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi diakui Universitas

Teknokra.id -  Kalian mahasiswa pasti sudah tidak asing dengan pemilihan mahasiswa berprestasi kan.

Mahasiswa berprestasi merupakan mahasiswa yang unggul dalam beberapa bidang. Misalkan mahasiswa tersebut memiliki prestasi dalam bidang akademik ataupun non akademik, serta peserta  mahasiswa berprestasi diwajibkan memiliki kepribadian yang baik.

Setiap Universitas di Indonesia pasti menyelenggarakan pemilihan mahasiswa berprestasi setiap tahunnya. Begitupula dengan Universitas Lampung, setiap tahun unila menyelenggarakan pemilihan mahasiswa berprestasi dengan ketentuan beberapa syarat, yaitu:

1. Peserta mahasiswa berprestasi merupakan mahasiswa yang menduduki bangku kuliah           semester 6 dan 7. Dengan melampirkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk. 

2. Terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Lampung  maksimal semester 7. Dengan                   melampirkan fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa.

3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3,00. Dibuktikan dengan prin Transkrip                  akademik

4. Pasfoto berwarna ukuran 4x6 ataupun sesuai ketentuan yang baru berlaku.

Cara mendaftar mahasiswa berprestasi dengan cara:Fotocopy KTP dan KTM masing- masing sebanyak  2 lembar.

2. Prin Transkrip akademik sebanyak 2 lembar.

3. Pasfoto berwarna seseuai ketentuan 2 lembar.

4.  Masukan seluruh persyaratan ke dalam Map Biola dengan warna merah untuk program            sarjana, dan warna biru untuk program diplomasi.

5.  Kumpulkan persyaratan di masing- masing program strudi ataupun Jurusan per Fakultas.

Komponen penilaian mahasiswa berprestasi yang biasanya menjadi acuan dalam proses seleksi

1. Prestasi  yang di unggulkan 35%

2. Gagasan Kreatif (naskah dan presentasi) 30%

3. Bahasa asing (naskah dan presentasi) 25%

4. Indeks prestasi kumulatif  10%

Setelah mengikuti rangkaian seleksi di tingkat Universitas maka peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan didaftarkan dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Nasional. Pemilhannya pun melalui beberapa tahapan kembali.  Mahasiswa yang terpilih wajib membuat  Naskah Gagasan Kreatif berupa konsep dan strategi dalam beberapa tema yang sudah ditentukan.

Babak terakhir seleksi mahasiswa berprestasi tingkat  Nasioanal yaitu  tatap muka antara peserta dengan dewan juri. Peserta mahasiswa berprestasi akan dinilai dari segi; sikap, kreativitas, inisiatif, kepercayaan diri, kemampuan dalam menjelaskan secara lisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta kemampuan berbahasa Inggris selama menjalani beberapa aktivitas. Selanjutnya dewan juri akan merekomendasikan pemenang untuk ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Selamat mencoba mendaftar menjadi mahasiswa berprestasi! (Penulis: Dhea Putri Utami).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel