Air Terjun Way Tayas, Surga Tersembunyi di Bawah Kaki Gunung Rajabasa

Teknokra.id - Lampung merupakan pintu masuk gerbang Pulau Sumetera yang memiliki banyak tempat wisata alam menarik dan lengkap mulai dari pantai, pegunungan, sungai, dan lainnya. Kali ini teknokra.id memiliki rekomendasi salah satu wisata alam yang masih asri yakni Air Terjun Way Tayas.

Air Terjun Way Tayas berada di kaki Gunung Rajabasa yang berlokasi di Dusun Pangkul, Desa Sukaraja, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Untuk mencapai air terjun ini, perjalannya dari Jalan Kusuma Angsa (Kalianda) lalu ambil jalan kearah kawasan wisata pesisir pantai. Jika sepanjang jalan mulai menghapiri kawasan bebatuan besar berarti sudah memasuki Kawasan Gunung Rajabasa.

Untuk lebih mudah patokannya SMPN 2 Rajabasa setelahnya ada gang, ikuti saja jalan gang tersebut sampai kira-kira  2 kilo meter untuk menuju sampai ke air terjun. Di sini kamu akan melewati jalan setapak yang menanjak tapi tenang saja sebagian besar jalannya sudah dicor, jika masih bingung dengan lokasinya bisa bertanya kepada masyarakat setempat.

Air Terjun Way Tayas ini dikelola oleh masyarakat setempat, jika ingin berkunjung kamu hanya akan dikenakan tarif 10 ribu rupiah/motor. Setelah membayar tiket masuk dan memarkirkan motor perjalan belum berakhir, kamu masih harus berjalan kaki menuruni puluhan anak tangga yang cukup curam, melewati susuran sungai yang banyak bebatuan berlumut untuk menuju lokasi Air Terjun Way Tayas. Karena lokasinya licin, disarankan untuk berhati-hati agar tidak terjatuh.

Walau harus melewati perjalanan panjang yang cukup sulit, tentu hal tersebut akan terbayar ketika kamu sampai ke lokasi air terjun. Kamu akan disambut rimbunnya pepohonan Gunung Rajabasa, pemandangan jatuhnya air dari ketinggian kurang lebih 30 meter dengan titik-titik air segar yang menyiprat dan juga hijaunya lumut-lumut di atas bebatuan.

Sempainya di sini, kamu bisa menikmati segarnya berenang di lubuk air terjun way tayas yang berasal dari gunung langsung, dan juga mengabadikan kenangan berfoto ria dengan latar belakang batuan besar yang estetik.

Suasana di Air Terjun Way Tayas masih sangat asri, karena belum terlalu banyak orang yang menjamahnya. Oleh karena itu ketika kamu berkunjung, jangan tinggalkan sampah ya! supaya air terjun ini bisa terus asri (Penulis: Yesi Sarika).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel