10 Step Skincare Ala Korea Untuk Kulit Cerah dan Glowing

Teknokra.id - Dunia kecantikan belakangan ini begitu banyak dipengaruhi oleh industri kecantikan Korea Selatan. Melihat bagaimana banyak sekali produk skincare dan makeup yang laku di pasaran memiliki klaim kecantikan ala Korea pada brandnya.

Terkenal dengan kecantikan natural yang khas, di Korea Selatan terdapat salah satu cara penggunaan skincare yang terkenal dan tren belakangan ini. Yakni 10-Step Skincare Routine!

Berikut cara melakukan 10-step skincare routine untuk kulit sehat dan cerah ala Korea!

1. Balm atau oil cleanser

Hal yang paling pertama harus kamu lakukan adalah membersihkan wajah dengan menggunakan balm atau oil cleanser! Manfaat balm atau oil cleanser adalah untuk mengangkat makeup, polusi, dan sunscreen yang ada di wajah secara mendalam sebelum bergerak ke step selanjutnya.

2. Water-based cleanser

Bersihin wajahnya dua kali? Yup! Ini dia yang sering orang-orang sebut sebagai double cleansing! Water-based cleanser ini tujuannya untuk mengangkat kotoran yang bisa hilang dengan produk dengan bahan dasar air seperti kotoran dan keringat atau kotoran lain yang belum sempat keangkat sama balm atau oil based cleanser nih!

3. Exfoliant

Khusus step ini kamu bisa lakuin hanya satu minggu dua kali ya! Karena meskipun step ini dapat membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati tapi step ini juga bisa merusak skin barrier kita kalau dilakukan terlalu sering. Sedikit tips, untuk kamu yang berkulit sensitif, bisa menggunakan scrub dengan butiran yang kecil atau cairan exfoliasi.

4. Toner

Step selanjutnya adalah toner! Toner berfungsi untuk mengangkat residu sisa double cleansing dan exfoliasi, mengembalikan ph kulit wajah, dan untuk mempersiapkan wajah kamu agar dapat menyerap produk selanjutnya dengan baik.

5. Essence

Essence berfungsi untuk menghidrasi kulit dan menunda penuaan serta membuka jalur untuk produk selanjutnya bekerja jauh lebih baik sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih cepat dibandingkan jika kita melewati step yang satu ini.

6. Serum

Nah setelah wajah kita sudah benar-benar siap dengan memakai essence, langkah selanjutnya adalah serum! Serum berfungsi untuk memperbaiki permasalahan kulit yang dimiliki, biasanya setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda maka dari itu serum juga memiliki fungsi yang berbeda beda sesuai dengan permasalahan kulitnya.

7. Sheet mask

Step satu ino berfungsi untuk menghidrasi kulit kamu dan berfungsi sebagai essence yang bisa bertahan satu minggu. Maka dari itu langkah satu ini bisa kamu lakukan satu atau dua kali saja dalam seminggu.

8. Eye Cream

Eye Cream baik digunakan untuk kamu yang sudah berumur 20 tahun ke atas untuk menunda penuaan dan membuat kantung matamu menjadi kencang. Sedikit tips, ketika mengaplikasikan eye cream sebaiknya gunakan jari manis karena jari manis merupakan jari yang paling lemah, mengingat daerah mata merupakan bagian yang paling sensitif.

9. Moisturizer

Langkah ini berfungsi untuk melembabkan kulit setealah double cleansing dan eksfoliasi dan mengunci semua produk yang bekerja di bawah mosturizer.

10. Sunscreen

Langkah terakhir yang tidak kalah pentingg adalah sunscreen! Semua produk yang telah kamu gunakan dan bekerja dengan baik gak mau kan sia-sia karena terpapar sinar UV? Di sana lah sunscreen bekerja sebagai pelindung kulitmu!

Setelah melakukan 10 step ini sebagai bagain dari rutinitas kamu menggunakan skincare, kamu mungkin akan merasakan kulit kamu menjadi lebih cerah, lembab, dan glowing. Hal yang perlu diperhatikan adalah gunakan produk yang cocok untuk skin-type kamu ya!

Kalau suatu produk justru gak cocok di kulit kamu dan membuat kulit kamu breakout, kamu bisa berhenti pemakaian terlebih dahulu untuk beberapa hari sebelum mulai menggunakan produk lain yang lebih cocok (Penulis: Rahel Azzahra). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel