5 Rekomendasi Makanan Khas Lampung yang Wajib Dicoba

Teknokra.id - Untuk kamu yang memiliki rencana untuk pergi berlibur ke Lampung dan bingung makanan khas lampung apa yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah, dan wajib banget kamu cobain selagi kamu ada di Lampung.

Berikut beberapa rekomendasi camilan khas lampung yang wajib banget kamu beli dan cobain!

1. Tempoyak

Tempoyak adalah salah satu makanan khas Lampung berupa durian yang sudah di fermentasikan. Tempoyak yang juga populer di daerah Sumatera Selatan ini dikonsumsi bersama nasi dan jarang dimakan secara langsung.

Tempoyak ini memiliki ciri khas rasa yang sedikit asam dan aroma yang tajam. Selain dimakan menggunakan nasi hangat, biasanya tempoyak ini juga menjadi pilihan untuk campuran bumbu masakan khas Lampung lainnya.

2. Seruit

Pasti di antara kalian sudah sering mendengar makanan yang satu ini, ya benar sekali! Makanan ini bernama seruit. Seruit merpukan menjadi makanan khas Lampung yang sudah terkenal itu. Di dalamnya ada terdiri dari masakan ikan yang digoreng atau dibakar, lalu dicampur dengan sambal terasi, tempoyak, atau mangga. 

Untuk melestarikan masakan ini biasanya anak-anak sekolah di Provinsi Lampung diberikan tugas untuk membuat seruit, oleh karena itu diharapkan sejak dini sudah diperkenalkan makanan khas Lampung yang ada dan dapat dilestarikan.

3. Gulai Taboh

Makanan selanjutnya adalah gulai Taboh. Siapa sangka makanan yang memilki nama cukup unik ini banyak penggemarnya, tidak hanya dari warga Lampung saja loh. 

Bahan utama gulai ini adalah kacang-kacangan dan juga ubi-ubian sehingga sehat untuk dimakan. Gulai Taboh ini memiliki cita rasa yang sangat tinggi karena dibuat oleh bumbu-bumbu ciri khas masyarakat Lampung.

4. Keripik Nangka

Tidak hanya keripik pisang saja yang terkenal, akan tetapi keripik nangka juga menjadi salah satu cemilan yang wajib kamu coba. Keripik nangka ini menjadi salah satu favorit karena memiliki rasa manis dan gurih, dibuat dari buah nangka yang dimasak dengan cara dioven sehingga lebih sehat dan memiliki cita rasa yang unik.

5. Kripik Pisang

Keripik pisang merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib kamu bawa ketika berada di Lampung. Keripik pisang pastilah bukan hal baru, akan tetapi apabila kalian berkunjung di Lampung pastilah menemukan keripik pisang dengan berbagai varian rasa yang bikin nagih.

Keripik pisang ini biasanya tersebar di berbagai toko yang menjual makanan khas Lampung. Keripik pisang dengan banyak varian rasa seperti: keju, susu, coklat, mocca, balado, stawberry dan masih banyak varian lainnya.

Makanan-makanan di atas bisa kamu temui di berbagai toko oleh-oleh. 

Jika berkunjung ke Lampung, jangan lupa untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan ya! Penunlis: Pratiwi Dwi Lestari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel