5 Bahaya Begadang Untuk Kesehatan Tubuh

Teknokra.id - Siapa sih yang gak pernah begadang? Kegiatan yang satu ini sering sekali dilakukan oleh setiap orang. Entah karena sibuk mengerjakan tugas, chat-an sama doi, ataupun karena insomnia yang membuat seseorang terjaga semalaman hingga begadang saat ini sudah seperti lumrah dilakukan oleh siapa saja. 

Walau sering dilakukan, tau gak sih ternyata begadang itu mampu menganggu kesehatan dalam tubuh kita lho! Bahkan bahayanya, begadang juga mampu memicu kematian. Berikut ini 5 penyakit atau gannguan kesehatan yang mampu diakibatkan oleh begadang:

1. Memicu Obesitas

Begadang mampu memicu seseorang untuk mengidap obesitas atau kelebihan berat badan. Karena, dengan seringnya seseorang melakukan begadang, akan membuat energi yang ada dalam tubuh terkuras, sehingga mampu meningkatkan hormon leptin dan ghrelin atau hormon yang mengatur rasa lapar dan juga kenyang dalam tubuh, sehingga seseorang tidak mampu mengontrol rasa laparnya dan membuat mereka melahap makanan tanpa batas wajar. 

Selain itu, walau sudah menghabiskan banyak makanan, akan tetap membuat mereka merasa lelah sehingga menciptakan rasa malas untuk berolahraga, dan memupuk lemak dalam badan, hingga menyebab kelebihan berat badan. 

2. Menurunkan Kualitas Libid0

Begadang juga mampu menurunkan kadar kualitas gairah  atau Iibid0 pada diri seseorang, baik pada laki-laki maupun pada perempuan. Hal ini, dikarenakan adanya rasa letih yang berlebih pada orang yang begadang, sehingga mereka malas untuk melakukan hubungan yang memerlukan banyak energi, sehingga rasa ingin bercinta dengan lawan jenis pun menurun.

3. Stroke

Sering begadang  juga dapat menyebabkan stroke, karena saat kita tertidur dalam jumlah waktu yang sedikit akan membuat peredaran darah yang terangsang ke otak menjadi tidak lancar, sehingga terjadi penumpukan aliran darah dan penyebaran aliran darah yang tidak merata hingga mampu menciptakan potensi stroke akibat terganggunya peredaran aliran darah dan dapat menyebabkan stroke.

4. Memicu Depresi dan Membuat Mood Berantakan

Sering begadang juga mampu membuat kita menjadi depresi dan membuat kita menjadi cenderung lebih sensitif. Hingga akan membuat kita menjadi lebih cepat tersinggung dan membuat mood kita hancur. Menurut penelitian, dengan kekurangan ini akan membuat orang mudah pusing dan letih sehingga memunculkan depresi dan malas untuk melakukan aktivitas.

5. Menurunkan Fungsi Otak

Terlalu sering begadang juga mampu menurunkan fungsi otak, sehingga seseorang yang sering begadang akan sulit untuk menerima pelajaran di sekolah karena begadang akan membuat seseorang untuk sulit berkonsentrasi, bahkan akan membuat seseorang kehilangan konsentrasinya karena tersumbatnya peredaran darah ke otak yang akan membuat kepala menjadi pusing yang memicu seseorang untuk malas berpikir. 

Menurut penelitian, penyebab kecelakaan terbanyak juga disebabkan oleh banyaknya pengendara yang mengantuk saat berkendara. Hal ini karena mereka kekurangan tidur akibat kebanyakan begadang sehingga para pengendara kehilangan fokus saat di jalan raya.

Mungkin sedikit sulit untuk mengubah kebiasaan yang sudah lama kita lakukan dan sudah menjadi kebiasaan, tapi bukan berarti kebiasaan tidak sehat itu tidak dapat diubah. Kamu bisa pelan-pelan mengubah kebiasaanmu untuk tidur lebih awal ketika malam hari dengan meminum segelas air susu hangat. 

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah berolahraga dan beraktivitas pada siang hari sehingga tubuh menjadi lelah dan kamu dapat lebih mudah untuk tidur lebih awal. Untuk gangguan insomnia akut, lebih baik segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang lebih baik dan efektif. Penulis: Fajar Hendra Jaya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel