Universitas Lampung: Salah Satu Kampus Terbaik di Bumi Andalas

Teknokra.id- Di Indonesia, banyak sekali perguruan tinggi yang membuka jasa layanan pendidikan bagi para mahasiswa untuk menuntut ilmu, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Di Sumatera sendiri banyak sekali lembaga Perguruan Tinggi sebagai fasilitator bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya.

Salah satu perguruan tinggi  terbaik yang ada di Sumatera yakni Universitas Lampung. Universitas Lampung atau yang dikenal dengan nama UNILA ini berdomisili di Provinsi Lampung, tepatnya di Kota Bandar Lampung. UNILA merupakan salah satu kampus favorit bagi siswa-siswi di Provinsi Lampung untuk  melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Peminat UNILA tidak hanya dari dalam Lampung saja lho, tapi juga banyak peminat yang datang dari luar Provinsi Lampung, baik dari Pulau Jawa dan juga dari Provinsi tetangga seperti Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu. 

Perihal ranking akademik tingkat Universitas se-Indonesia, UNILA sendiri baru saja meraih perigkat 14 Universitas seluruh Indonesia,  dan peringkat 601-800 dari 1115 Perguruan Tinggi di seluruh Dunia versi  Times Higher Education (THE). Selain itu , UNILA juga baru-baru ini meraih peringkat 10 Universitas terbaik seluruh Indonesia dan ranking 715 di dunia  versi Scimago Institution Ranking. Hal ini membuktikan bahwa, UNILA bukanlah kampus yang dianggap sebelah mata, tetapi juga telah masuk jajaran elite kampus yang ada di Indonesia. 


Untuk jalur masuk Universitas Lampung sendiri, ada 5 jenis jalur yang dibuka oleh pihak UNILA, pertama ada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kemudian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), lalu Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat, selanjutnya Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) yang diperuntukkan bagi putra putri daerah asli Provinsi Lampung, juga yang terakhir yakni jalur prestasi. UNILA juga membuka beasiswa afirmasi yakni untuk mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari daerah Timur seperti Papua, Papua Barat, dan juga Nusa Tenggara Timur. Selain itu UNILA juga membuka jalur Vokasi bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang Diploma. 

Untuk rentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UNILA ini beragam, terdiri dari beberapa golongan, golongan 1 sampai golongan 8. Untuk golongan 1 sendiri dikenakan 0 rupiah (juga untuk penerima beasiswa bidikmisi dan juga PMPAP). Untuk golongan kedua biasanya dikenakan sebesar satu juta rupiah, dan golongan seterusnya biasanya berbeda di setiap fakultasnya. Untuk biaya UKT di Universitas Lampung sendiri menyesuaikan dengan penghasilan orang tua. 

UNILA memiliki 8 Fakultas yakni Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Pertanian (FP). 

Selain itu untuk menunjang minat dan bakat mahasiswanya UNILA memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang aktif melakukan organisasi dikampus, sehingga kampus UNILA sendiri itu tidak pernah sepi mahasiswa , bahkan di hari libur kuliah sekalipun. biasanya mereka tetap berkumpul dan berkegiatan, atau sekedar bersantai di Gedung Graha Kesekretariatan Universitas Lampung.

UNILA juga menyediakan berbagai kemudahan bagi tiap mahasiswanya untuk menjalani aktivitas perkuliahan di lingkungan kampus. Jika ingin mencari sumber referensi tugas, bisa datang ke perpustakaan UNILA yang berlokasi di depan Gedung Serba Guna (GSG) UNILA, kemudian jika ingin melakukan jogging, bisa dilakukan di pinggir embung UNILA. Dan embung Unila ini memiliki beberapa lokasi, namun yang paling sering digunakan untuk jogging yakni embung yang berada di dekat rusunawa Unila. Selain itu, jika kalian mager untuk jalan kaki ke kampus, ada fasilitas bus UNILA atau yang biasa disebut dengan “Tayo” yang akan mengantarkanmu mengelilingi wilayah kampus hijau UNILA Penulis: Fajar Hendra Jaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel