Alasan Orang Suka Nonton ASMR dan Rekomendasi Channel Youtube ASMR Untuk Merasakan Tingles

Teknora.id - Apakah kamu pernah melihat video di Youtube yang berisi seseorang berbisik ke arah mikrofonnya dan melakukan gesture tangan yang aneh kemudian kamu berpikir apa yang sedang orang itu lakukan lalu kamu mungkin akan merasakan sensasi geli di belakang lehermu dan setelahnya bertanya-tanya kenapa banyak sekali yang menonton video seperti itu?

Itu adalah ASMR! Kategori konten ASMR di Youtube memiliki penggemarnya sendiri, mereka yang menikmati kategori konten tersebut mendapatkan kepuasannya tersendiri seperti menemukan ketenangan setelah menonton ASMR bahkan menjadikan ASMR sebagai video penghantar tidur. 

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui sebenarnya apa itu ASMR dan bagaimana cara kerjanya hingga bisa menimbulkan sensasi tertentu dan disukai banyak orang, serta rekomendasi channel Youtube ASMR yang bisa kamu tonton dan rasakan sendiri sensasi yang disukai banyak orang itu. 

1. Apa itu ASMR? 

ASMR merupakan singkatan dari autonomous sensory meridian response, ASMR merupakan term atau istilah yang digunakan untuk menggambarkan sensasi yang dirasakan mereka yang menonton video dengan stimulan-stimulan seperti gerakan tangan mengetuk, menggosok atau bisikan halus seseorang di dekat mikrofon. 

Term tersebut pertama kali muncul dan diperkenalkan oleh Jennifer Alen di grup facebooknya yang berisi topik-topik seputar ASMR. Meskipun begitu hingga saat ini belum ada penelitian yang solid mengenai fenomena ASMR. 

Sensasi yang mereka rasakan di tengkuk atau di punggung mereka biasanya disebut dengan "tingles". Untuk sebagian orang tingles dapat membuat mereka merasa tenang bahkan dapat membantu mereka tidur. 

2. Cara Kerja ASMR 

Cara kerja ASMR sangat bervariasi untuk masing-masing orang. Beberapa atau mungkin sebagian besar orang tidak mengerti sama sekali kenapa video orang berbisik ada yang mau tonton juga teori sains tentang ASMR pada dasarnya memang tidak ada, sehingga apa yang ditulis pada artikel ini semuanya berbasis dari cerita dan pengalaman orang-orang di internet serta observasi fenomena secara langsung. 

Orang merasakan ASMR dari berbagai macam pemicu. Beberapa orang menikmati permainan peran (roleplay), sementara yang lain menyukai video yang lebih sederhana dan kegiatan kelewat biasa seperti menulis di atas kertas dengan pena, memotong kuku tangan, mengaplikasikan makeup, bahkan suara remasan kertas. 

Seorang ahli saraf di Yale University School of Medicine, Steven Novella mengemukakan dasar ilmiah yang mungkin saja dapat menjelaskan fenomena ini pada postingannya di tahun 2012 di NeuroLogica Blog, ia menjelaskan bahwa ASMR bisa saja sebuah reaksi tubuh sejenis kejang. Kejang yang menyenangkan bisa dipicu dari hal-hal seperti ini (ASMR). 

3. Lalu Kenapa Ada Orang yang Suka Menonton ASMR? 

Di Internet ada orang-orang yang suka menonton idolanya bermain game, ada yang suka menonton konten jahil seperti prank, atau menonton kehidupan pribadi seseorang. Internet dapat menyatukan hal yang sebelumnya terdengar mustahil untuk dipersatukan dan dijadikan sebuah komunitas. 

Begitu juga dengan ASMR, beberapa orang mungkin tidak mengerti kenapa mereka penggemar ASMR dapat menemukan ketenangan dan mendapat tingles dari apa yang mereka tonton. Steven Novella juga menjelaskan bahwa fenomena ini perlu menjadi perhatian, internet memungkinkan pengalaman pribadi tersembunyi yang sebelumnya menjadi kesadaran umum. Komunikasi manusia telah ditingkatkan ke titik di mana orang-orang yang memiliki apa yang mereka anggap sebagai pengalaman pribadi yang unik dapat menemukan satu sama lain di internet. 

4. Rekomendasi Channel Youtube ASMR yang Bisa Kamu Coba Tonton Untuk Rasakan Tingles

Kategori video ASMR bukan hanya roleplay atau ASMR basic dengan suara sentuhan tangan di permukaan benda tertentu tapi juga ada kategori ASMR makan (suara orang sedang memakan makanannya) Channel Youtube yang bisa kamu kepoin dan tonton video ASMR makannya adalah SAS-ASMR.

Untuk kamu yang penasaran dengan ASMR basic dan ingin merasakan tingles dari mendengarkan suara sentuhan permukaan benda ke tangan atau ke benda lain, kalian bisa tonton video ASMR milik Jisun, salah satu anggota girl group asal Korea Selatan Fromis_9 yang pernah viral di sana karena kemampuan membuat video ASMR-nya di Channel Youtube resmi Fromis_9: Official fromis_9.

Kalau kamu justru penasaran bagaimana lakon peran dibawakan dengan cara berbisik, kamu bisa coba untuk tonton Latte ASMR. Di Channelnya, ia membuat berbagai macam lakon seperti perawat yang membersihkan mata pasiennya atau pegawai salon yang sedang memotong rambut pelanggan. 

Meskipun susah dimengerti oleh sebagian orang, ASMR merupakan gaya hidup unik yang dimiliki sebagian orang di luar sana, beberapa orang mendapatkan ketenangan, sebagai alat untuk mengurangi kecemasan yang mereka miliki, beberapa dari mereka justru menjadikan ASMR sebagai alat penghantar tidur. 

Kalau kamu termasuk yang mana? Mereka yang tidak mengerti kenapa temannya suka menonton orang bisik-bisik di depan kamera atau kamu justru harus nonton ASMR dulu baru bisa tidur? Penulis: Rahel Azzahra.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel