Surga di 5 Titik Pahawang

Teknokra.id - Lampung merupakan provinsi di ujung Pulau Sumatera yang menyimpan surga pariwisata. Posisi  yang langsung berhadapan dengan samudera membuat Lampung memiliki potensi wisata pantai yang cukup besar. Beberapa daerah di Lampung memiliki pantai dengan pemandangan yang berbeda- beda. Daerah yang terkenal sebagai pemilik pantai terindah salah satunya Kabupaten Pesawaran.

Kabupaten pesawaran memiliki pantai-pantai dengan keindahan langit sore yang sangat memanjakan mata wisatawan. Pantai dengan langit sore yang sangat menawan, salah satunya Pantai Pahawang. Pahawang secara administratif terletak di wilayah Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran. Untuk menempuh perjalanan ke Pahawang perlu menyebrangi lautan kurang lebih 30 menit dari dermaga Ketapang. Pahawang yang memiliki luas 1,084 Ha dihuni 400 kepala keluarga dari 5 dusun. 
Masing-masing dusun di Pahawang memiliki keunikan tersendiri. Dusun 1 yang terletak di ujung pulau berdekatan dengan hutan mangrove dan penginapan Andreas sebagai dusun pendidikan, karena sekolah TK, SD, SMP dan SMA hanya ada di Dusun 1. Lalu Dusun 2 sebagai dusun terbesar di Pahawang, menjadi pusat pemerintahan. Langit sore di Dusun 2 memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta senja, karena warna jingga dan ungu yang menyatu membentuk bayangan di laut membuat mata tak bosan untuk memandanginya. 

Dusun  Jelarangan atau Dusun 3 sebagai  pusat pariwisata, menjadi tempat rekomendasi bagi wisatawan yang berkunjung sekedar singgah ataupun menginap. Dusun yang satu ini cocok dijadikan tempat bermain bersama keluarga dan teman-teman. Dusun Jelarangan menjadi satu-satunya yang memiliki bibir pantai, cocok untuk bersantai di pagi hari sambil menikmati indahnya sunrise. Di dusun ini juga terdapat spot snorkeling dengan keindahan terumbu karang bawah laut, menjadi spot terbaik di Pahawang. 

Dusun 4 yang terletak di belakang pulau menjadi pusat spot snorkeling, banyak warga Pahawang membuat spot-spot snorkeling buatan. Tak jarang juga ditemukan permainan air yang sangat menyenangkan, seperti banana boat dan donut boat. Selanjutnya Dusun 5 yang terletak terpisah dengan dusun 1, 2,3 dan 4. Dusun 5 terletak di seberang pulau dengan mayoritas penduduknya memanfaatkan hasil laut, berbeda dengan dusun sebelumnya yang memanfaatkan keindahan alam sebagai mata pencaharian mereka. Ombak di dusun 5 terbilang lumayan besar, tak seperti pantai pahawang yang memiliki ombak tenang. 

Selain keunikan dari ke lima dusun tersebut, masyarakat Pahawang juga memiliki kebiasaan yang unik. Setiap malam Masyarakat Pahawang ramai berkumpul di depan rumah mereka masing- masing, sekedar duduk- duduk santai ataupun bercanda gurau dengan tetangga sekitar. Kerukunan masyarakat Pahawang yang sudah jarang ditemukan di kota-kota besar membuat rindu akan suasana hangat tersebut. 

Pulau pahawang dengan beberapa dusun dan keunikannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Penduduk pahawang pun sudah sadar akan pentingnya menjaga apa yang mereka miliki. Pahawang akan selalu menjadi tempat tujuan untuk siapapun yang rindu akan ketenangan, “Tempat sunyi nan indah,” Begitulah sebutan Pulau Pahawang di mata pendatang (Penulis: Dhea Putri Utami). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel