Rekomendasi Buku Seru Ipusnas yang Wajib Kamu Baca!

Teknokra.id - Halo Sobat Teknokra. Siapa disini yang suka baca buku? Membaca buku akan menyenangkan apabila referensi bukunya melimpah. Kamu bisa membaca buku lewat aplikasi Ipusnas. 

Ipusnas adalah aplikasi perpustakaan digital buatan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pada aplikasi ini kamu bisa meminjam ebook secara gratis dengan masa peminjaman kurang lebih 5 hari atau seminggu. Aplikasi Ipusnas sudah tersedia di PlayStore dan bisa diunduh digawai kalian lho, Sobat Teknokra!

Yuk simak rekomendasi bukunya!

1. Laut Bercerita

Novel ini ditulis oleh Leila S Chudori yang menceritakan tentang Biru Laut seorang aktivis yang hilang dan diculik pada Mei 1998. Novel ini mempunyai dua sudut pandang, yaitu sudut pandang Biru Laut bersama teman-teman aktivisnya dan sudut pandang adiknya, yaitu Asmara Jati yang berusaha untuk mencari kakaknya.

Tidak hanya itu saja, novel ini juga menceritakan keluarga yang mencari kejelasan anaknya yang tidak kunjung kembali. Setting-nya berada pada tahun 1998, saat itu Indonesia berada pada masa pemerintahan Orde Baru yang dipimpin oleh Soeharto. Novel ini cocok buat kamu yang suka buku dengan genre fiksi sejarah.

2. Sherlock Holmes : Koleksi kasus 1

Novel ini ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle. Sherlock Holmes adalah seorang detektif yang jenius dan pandai memecahkan kasus. Novel ini menceritakan petualangan Sherlock Holmes dalam memecahkan kasus - kasus yang rumit bersama temannya, Dr John Watson yaitu seorang dokter militer. Uniknya, cerita ini menggunakan sudut pandang John Watson. Buku ini cocok buat kamu yang suka misteri lho.

 3. Sherlock Holmes : Koleksi kasus 2

Novel ini merupakan kelanjutan dari Sherlock Holmes : Koleksi kasus 1. Kali ini masih melanjutkan petualangan Sherlock Holmes bersama sahabatnya. Sherlock yang memasuki usia senja dan ingin pensiun terpaksa dihadapkan pada kasus - kasus kriminal. Sherlock kembali berhadapan dengan musuh bebuyutan yang tidak kalah hebat dan jenius, yaitu Dr. Moriarty. Novel ini masih menggunakan sudut pandang Watson. 

4. Di Tanah Lada

Novel ini ditulis oleh penulis asal Lampung, yaitu Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Novel ini menceritakan seorang gadis kecil bernama Ava. Sejak kakeknya meninggal, Ava dan keluarganya pindah ke Rusun Nero. Kakeknya Ava bernama Kia memberikan Ava kamus sebagai hadiah ultahnya yang ketiga. Sejak saat itu, Ava jadi mahir bahasa Indonesia. Setelah pindah ke Rusun Nero, Ava bertemu dengan anak laki-laki bernama P. Dari pertemuan itu petualangan Ava dan P dimulai.

5. Toko Kelontong Namiya


Novel ini ditulis oleh penulis Jepang bernama Keigo Higashino. Novel ini bergenre misteri-fantasi yang menceritakan 3 orang pemuda berandalan yang sembunyi di Toko Kelontong tak berpenghuni setelah melakukan pencurian. Sebuah pucuk surat misterius mendadak diselipkan ke dalam toko melalui lubang surat. Surat itu berisi sebuah permintaan, ternyata surat itu membuat mereka melintasi waktu dan menggantikan kakek pemilik Toko kelontong. 

 6. Entrok

Entrok ditulis oleh Okky Madasari yang menceritakan kisah Ibu dan anak yaitu Marni dan anaknya bernama Rahayu. Marni perempuan Jawa buta huruf yang masih percaya pada hal - hal klenik seperti memuja leluhur dan para dewa untuk memanjatkan harapannya. Dia tidak pernah mengenal Tuhan. Sementara Rahayu anak dari Marni berbeda jauh dengan ibunya yang masih percaya pada hal - hal klenik. Dia adalah pemeluk agama yang taat. Walaupun berbeda tetapi ibu dan anak itu memiliki kesamaan, yaitu keduanya menjadi korban para penguasa pada masa itu. Setting cerita ini mengambil masa Orde Baru. 

7. Pulang


Penulisnya sama dengan penulis Laut bercerita, yaitu Leila S Chudori. Buku ini mengambil setting pada tahun 1965.  Buku Pulang menceritakan Dimas Suryo seorang buangan politik Indonesia yang tinggal di Prancis dan bertemu dengan Vivienne Deveraux seorang mahasiswa yang ikut demo melawan pemerintahan Prancis. Dimas mendapat kabar dari Jakarta bahwa sahabatnya, Hananto Prawiro tewas ditangkap tentara. Di tengah kesibukannya Dimas bersama 3 sahabatnya Nugroho, Tjai, dan Risjaf terus dihantui rasa bersalah karena teman - temannya yang ditembak dan menghilang dalam masa perburuan peristiwa 30 September.

Biar ga penasaran dengan cerita lengkapnya, segera unduh Ipusnas dan perbanyak bacaan kamu! Dari beberapa rekomendasi buku tadi kira - kira kamu tertarik buat baca yang mana nih, Sobat Teknokra? (Penulis : Bunga Azzahra P.Sejarah 23')


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel