5 Tips Belajar Efektif dan Efisien

Teknokra.idHalo sobat Teknokra! Siapa nih yang sudah fokus belajar tapi yang dipelajari ngga masuk ke otak? Ternyata otak kita jadi tidak normal karena terlalu dipaksa berfikir.

Segala hal yang dipaksa akan menimbulkan kecemasan dan tidak fokus terhadap materi yang  dipelajari dapat menjadi pemicu adanya daya ingat yang kurang optimal. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa tips belajar secara efektif!


1. Atur Waktu Belajar

Tidak semua orang bisa belajar di waktu subuh, tapi waktu ini terbilang sangat efektif untuk belajar. Pukul 7 sampai 11 adalah waktu ini cocok untuk belajar karena kita sedang berada dalam tingkat konsentrasi yang tinggi. Waktu ini paling produktif untuk melakukan aktivitas, karena otak cukup mengeluarkan hormon stress sehingga bisa lebih fokus. Jam 6 sampai 8 malam adalah waktu untuk mengerjakan tugas, waktu terbaik melakukan tugas pribadi karena otak masuk dalam tahap pemeliharaan.

2. Tetapkan Metode Belajar

Gunakan metode yang paling efektif menurut kamu misalnya, metode 20 20 20. Jangan menghafal, tetapi memahami. Dengan memahami, biasanya otak akan aktif menyimpan informasi dengan memahaminya.

3. Buat Schedule Tugas

Buat rencana belajar dengan membuat daftar tugas yang akan dikerjakan. Cara ini membuat kita lebih produktif dan lebih tersusun.

4. Beri Waktu Istirahat

Tubuh kita perlu istirahat, terkadang waktu belajar saat di kampus memang cukup panjang hingga tidak fokus dan kelelahan saat memahami materi. Terapkan pola belajar yang lebih rileks dengan beristirahat selama 10 - 15 menit setelah belajar selama 1 jam.

5. Tempat yang Nyaman

Suatu tempat juga mempengaruhi kemampuan dalam belajar, ketika tempat itu nyaman maka otomatis otak kita akan menerimanya dengan baik dan proses belajar menjadi baik.

6. Membuat Catatan

Membuat rangkuman sangat penting untuk mudah dalam memahami materi. Semakin sering mengulang materi pembelajaran, maka akan semakin baik juga pemahaman.

Nah itu beberapa tips yang wajib kamu coba agar belajar kamu lebih efektif dan efisien. Carilah metode pembelajaran yang menarik agar kamu lebih enjoy dalam belajar. (Penulis : Risma Puri Aurunnisa)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel