Enam Prinsip Alpha Female Dalam Buku The Alpha Girl’s Guide

Teknokra.id- Istilah "Alpha" berasal dari huruf pertama alfabet Yunani. Alpha sendiri diadopsi dari cabang Zoologi (ilmu fauna), dimana dalam ilmu tersebut membahas struktur, perilaku, fungsi serta evolusi fauna.

Para peneliti menemukan kemiripan perilaku fauna pada spesies yang hidup berkelompok seperti primata gorila dan simpanse dengan manusia, pada fauna yang berkelompok seperti itu memiliki tingkatan sosial mulai dari anggota dominan, pemimpin dan penguasa hak untuk kawin. 

Jika dikaitkan dengan manusia, status alpha male pada laki-laki bisa diraih bila mempunya naluri kepemimpinan, disegani oleh lingkup sosialnya, memiliki keberanian, ambisi, cerdas, memiliki pesona yang baik serta sosok yang menjadi pemimpin suatu kelompok. 

Begitupun alpha female, perempuan ambisius, pekerja keras, percaya diri, berprestasi, dihormati, disegani oleh orang lain bahkan sesama perempuan adalah yang bisa disebut sebagai alpha female.

Dalam buku The Alpha Girl’s Guide, alpha female adalah perempuan-perempuan yang berada dipuncak karena prestasi dan attitude-nya. 

Mereka dihormati serta disegani, baik itu oleh perempuan maupun laki-laki. Mereka percaya diri dan mengoptimalkan potensinya. 

MENGENAL PRINSIP ALPHA FEMALE

Pada buku karya Henry Manampiring ini menjelaskan bagaimana sosok alpha female menepatkan posisi dirinya dengan benar. 

Henry menggambarkan posisi alpha female secara luas mulai dari pendidikan, pertemanan, kehidupan romansa, pekerjaan, penampilan, dampak positif dari seseorang.

a. The Alpha Student (sebagai pembelajar)

Seorang Alpha female menyikapi pola dan tingkah lakunya sebagai seorang pembelajar. Untuk alpha female, pendidikan adalah hal yang sangat memberikan efek domino positif ke setiap aspek kehidupan. 

Dengan memperoleh pendidikan yang baik, perempuan dapat memiliki kesempatan karis yang luas, tidak terintimidasi oleh pasangan dan tentunya akan menjadi seorang ibu yang terpelajar untuk anak-anaknya.

b. The Alpha Friend (Berteman)

Pertemanan menurut alpha female haruslah yang membawa dampak positif, mereka lebih mementingkan kualitas pertemanan dibanding dengan kuantitas. Alpha female biasanya akan sangat selektif dalam memasuki circle pertemanan.

c. The Alpha Lover (Hubungan Percintaan)

Sosok alpha lover berprinsip untuk  benar-benar menemukan cinta sejatinya, alpha lover sangat memperhatikan tindak tanduk laki-laki yang mendekatinya, ia akan menghalau laki-laki yang berpotensi menyakiti dirinya. 

Kebanyakan dari alpha lover sangat menghargai dirinya dengan konsisten mencari laki-laki yang menurutnya terbaik untuk dijadikan pasangan. Prinsip ini juga membuat seorang alpha female tidak memiliki "Princess Mentality".

d. The Alpha Worker (Pekerjaan)

Alpha female akan sangat berusaha mengoptimalkan pekerjaan, mereka bisa menjadi pemimpin tanpa meninggalkan sifat keperempuannya. Prinsip ini bisa dilihat dari skiil komunikasi yang baik dan juga keuletan dalam bekerja.

e. The Alpha Look (Penampilan)

Menurut alpha girl penampilan bukanlah penentu kesuksesan terpenting, tapi juga tidak bisa dibelakangi. Prinsip ini lebih menekan bagaimana pentingnya seorang alpha female merawat dirinya sehingga tampil percaya diri.

f. The Alpha Carer (Pembawa Dampak Positif)

Hal utama dari prinsip alpha female satu ini bukanlah yang memiliki kekuasaan dan kesuksesan semata, tetapi tidak mereka menyianyiakan talenta dan otak untuk memberi manfaat dan perubahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel