Jawaban Jelaskan Bagaimana Motivasi Konsumen Dapat Digunakan Sebagai Dasar dalam Melakukan Segmentasi dan Positioning

Teknokra.id- Simak selengkapnya mengenai jawaban jelaskan bagaimana motivasi konsumen dapat digunakan sebagai dasar dalam melakukan segmentasi dan positioning.

Motivasi konsumen dapat digunakan sebagai dasar dalam melakukan segmentasi dan positioning.

Bagaimana motivasi konsumen bisa dijadikan dasar segmentasi dan positioning?

Sebelum membahas lebih dalam soal hal tersebut, ada baiknya untuk membahas satu persatu tentang motivasi konsumen, dasar segmentasi dan positioning.

Setiadi (2003) mendefinisikan motivasi konsumen adalah keadaan di dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan guna mencapai suatu tujuan.

Motivasi konsumen adalah suatu dorongan kebutuhan dan keinginan individu yang diarahkan pada tujuan untuk memperoleh kepuasan dalam hal konsumsi.

Motivasi konsumen merupakan alasan untuk melakukan sesuatu, termasuk dalam hal membeli suatu produk atau jasa. Motivasi konsumen dapat menjadi dasar yang penting dalam melakukan segmentasi dan positioning suatu produk atau jasa.

Segmentasi merupakan proses pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok berdasarkan karakteristik yang serupa. Segmentasi pasar digunakan untuk memilih sasaran, peluang, dan segmen pasar yang paling

Positioning merupakan proses menempatkan suatu produk atau jasa dalam pikiran konsumen dengan bagaimana caranya produk kita bisa berbeda dari produk lainnya. Misalnya saja kita ingin produk kita dianggap memiliki harga terjangkau atau memiliki kualitas terbaik. Itu bisa dilakukan dengan kampanye dan strategi harga pasar.

Nah lalu bagaimana  motivasi konsumen bisa dijadikan dasar segmentasi dan positioning?

Motivasi konsumen adalah hal yang penting, yang menjadi alasan konsumen membeli barang.

Dari segi positioning motivasi konsumen memiliki peran untuk mengarahkan branding produk akan dibawa kemana. Misalnya, sebuah perusahaan dapat menempatkan produknya sebagai pilihan terbaik bagi konsumen yang memiliki motivasi kualitas tinggi, atau sebagai pilihan terjangkau bagi konsumen yang memiliki motivasi harga rendah. Dari situ perusahaan bisa menempatkan produk berdasarkan motivasi konsumen yang berbeda-beda.

Jika dari segi segmentasi, motivasi konsumen dapat digunakan sebagai salah satu kriteria dalam melakukan segmentasi pasar. Misalnya, sebuah perusahaan dapat membagi pasar berdasarkan motivasi konsumen dalam membeli produk tersebut, seperti motivasi harga, kualitas, keunikan, atau lainnya.

 

Begitulah jawaban jelaskan bagaimana motivasi konsumen dapat digunakan sebagai dasar dalam melakukan segmentasi dan positioning.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel