Mendagri Resmikan 3 Provinsi di Papua

Teknokra.id -  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meresmikan tiga provinsi Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. Tiga provinsi yang diresmikan yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan. Peresmian ketiga provinsi tersebut dilaksanakan di Kantor Kemendagri, Jum’at (11/11). 

Peresmian tiga Provinsi baru ini dikatakan pemerintah untuk mendukung pemerataan pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan di Papua.

Nantinya, ketiga Provinsi tersebut akan dipimpin oleh tiga pejabat (PJ) Gubernur yakni  Nikolaus Kondomo (Papua Pegunungan), Ribka Haluk (Papua Tengah), dan Apolo Safanpo (Papua Selatan). Dengan adanya peresmian ketiga Provinsi ini, maka Indonesia resmi memiliki 37 Provinsi.

Sebagai informasi, Rancangan Undang-undang ketiga provinsi ini sudah disahkan sejak Juli lalu. Namun ketiganya baru resmi dibentuk hari ini. Ketiga Provinsi tersebut diresmikan berdasarkan undang-undang berikut: Provinsi Papua Selatan berdasarkan UU No 14 tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan UU No 15 tahun 2022 dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan UU Nomor 16 tahun 2022. 

Profil tiga Provinsi baru

1. Provinsi Papua Tengah 

    Ibu kota : Nabire

2. Provinsi Papua Pegunungan

    Ibu Kota : Jayawijaya

3. Provinsi Papua Selatan

    Ibu Kota : Merauke 

(Penulis: Sandra Puspita) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel