Fakta Menarik Papua Pegunungan, Provinsi Baru di Papua

Teknokra.id -  11 November lalu Menteri Dalam Negeri Indonesia, Tito Karnavian meresmikan tiga Provinsi Baru di Papua yakni Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Tengah. Baru saja diresmikan, mulai bermunculan fakta menarik mengenai ketiga Provinsi tersebut.

Dalam artikel ini, akan dibahas fakta menarik dari salah satu Provinsi yakni Papua Pegunungan. Provinsi ini memiliki Ibu Kota yakni Jayawijaya. Berikut fakta unik tentang Provinsi tersebut.


1. Dikelilingi Daratan

Provinsi Papua Pegunungan menjadi satu-satunya Provinsi di Indonesia yang tidak berbatasan dengan laut (landlocked). 

2. Terdapat Salju Abadi 

Pegunungan Jayawijaya yang terletak di Provinsi ini memang sangat dikenal dengan salju abadinya yang terbilang unik. bagaimana tidak, meskipun berada di wilayah tropis namun puncak gunung Jayawijaya terdapat salju yang terus ada hingga saat ini. Terdapat tiga puncak pegunungan Jayawijaya yang diselimuti oleh salju yakni Puncak Trikora, Puncak Mandala, dan Puncak Yamin.

3. Danau di Atas Awan 

Selain itu, pada salah satu puncak pegunungan Jayawijaya yakni  Puncak Trikora terdapat Danau Habema. Danau ini sering dijuluki danau diatas awan karena letaknya yang berada diketinggian 3.300 mdpl.

4. Festival yang mendunia di Lembah Baliem 

Pegunungan Jayawijaya mengelilingi Lembah Baliem. Lembah ini berada pada ketinggian 1600 mdpl. Pada setiap bulan Agustus terdapat festival yang cukup terkenal hingga mancanegara, festival itu disebut festival Lembah Baliem. Dalam festival ini menampilkan berbagai atraksi lomba panahan, perang-perangan, lempar tombak, dll.

5. Terdapat Pasir Putih Meski tidak ada laut

Provinsi ini memang tidak memiliki lautan, meski begitu ternyata terdapat pasir putih yang terhampar luas di sana. Pasir putih ini bisa dijumpai di Lembah Baliem pada ketinggian 1600 mdpl(Penulis: Sandra Puspita)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel