Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Teknokra.id – Saat ini kegiatan mendaki gunung cukup digemari oleh sebagian orang. Banyak orang terutama anak muda yang menjadikan kegiatan mendaki sebagai ajang penghilang stres dan penatnya kegiatan rutin. Sehingga kegiatan ini seringkali masuk dalam list kegiatan terutama di waktu liburan.

Untuk sebagian orang  yang baru pertama kali mendaki, mungkin akan merasa bingung hal yang harus diperhatikan ketika akan mendaki. Disini saya  akan berbagi pengalaman mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika kamu ingin mendaki untuk pertama kalinya. Simak penjelasan berikut ya.



1.Tidak lebih dari 2000 mdpl

Jika itu pendakian perdana kamu, usahakan gunung itu tidak lebih dari 2000 mdpl ya. Karena kamu belum punya pengalaman mendaki sebelumnya, maka pendakian perdana bisa jadi tolak ukur untuk mendaki gunung lebih tinggi. Sehingga mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi dipendakian pertama sangat direkomendasikan.

2.Pastikan cuaca mendukung

Jangan mendaki ketika musim hujan karena cukup berbahaya. Musim hujan membuat medan pendakian menjadi  licin. Selain itu, mendaki ketika musim penghujan memiliki resiko adanya badai angin dan hujan lebat yang pastinya cukup berbahaya, terutama ketika terjadi di malam hari.

3.Bawalah pemandu

Jika kamu baru pertama kali mendaki gunung tersebut, usahakan membawa pemandu atau teman yang sudah paham jalur gunung tersebut. ini penting agar dalam perjalanan tidak tersesat. Selain itu, bersama pemandu atau teman yang sudah berpengalaman, akan membantu kamu untuk mengetahui medan yang akan dilalui. 

4.Cek kebutuhan pribadi

Sebelum berangkat mendaki, cek kembali dengan teliti perlengkapan dan konsumsi yang akan dibawa. Jangan sampai ada yang terlewat. Untuk konsumsi pribadi, jangan sesekali membawa dengan jumlah yang sedikit. Usahakan untuk membawa konsumi lebih untuk berjaga-jaga.

5.Safety 

Menjaga keamanan badan kita saat mendaki wajib hukumnya. Untuk menjaga keamanan, kamu harus menyiapkan sepatu untuk mendaki, membawa jas hujan dan perlengkapan mendaki lainnya.

6.Badan dalam keadaan fit

Jika sedang dalam keadaan sakit sebaiknya tunda dulu agenda mendaki dilain waktu. Karena mendaki membutuhkan tenaga yang besar. Sehingga perlu badan yang sehat.

7.Pemanasan terlebih dahulu 

Sebelum mendaki, lakukan pemanasan dengan benar untuk menGhidari hal hal yang tidak diinginkan contohnya tergelincir atau kram.

Segitu dulu ya tips dari saya. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu pendaki pemula. Jangan lupa jadilah pendaki sekaligus pecinta alam. sayangilah alam, jaga lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan. (Penulis: Aldi Afreza).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel