4 Kesalahan Yang Harus Dihindari Mahasiswa Baru

Teknokra.id - Menjadi mahasiswa semester awal atau yang biasa dikenal dengan sebutan Maba (Mahasiswa Baru) tentu menjadi suatu hal yang membanggakan bagi banyak orang. Namun tahukah kamu bahwa kehidupan di kampus sangatlah berbeda dengan kehidupan semasa SMA/SMK. Hal itu membuat mahasiswa baru, mau tidak mau harus beradaptasi dengan budaya kampus. 

Selagi masih menjadi mahasiswa baru, alangkah baiknya jika menyusun langkah-langkah kecil yang dapat mempermudah jalan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Jangan sampai salah mengambil langkah yang membuat kuliah kamu jadi tidak maksimal.


Nah berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa baru yang harus kamu hindari.

1. Menjadi Mahasiswa Kupu-kupu

Mahasiswa Kupu-kupu (Kuliah pulang-kuliah pulang) adalah sebutan bagi mahasiswa yang menghabiskan waktu studinya untuk kuliah dan langsung pulang ke rumah/kostannya ketika jam kuliah telah usai. Padahal menjadi mahasiswa adalah momen yang tepat untuk show up dan menggali potensi diri yang kita miliki. Ikuti organisasi baik internal maupun eksternal yang sesuai dengan minat dan bakat yang kalian miliki. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan dua keuntungan ketika menjadi mahasiswa yakni kemampuan akademik dan juga softskill yang kalian dapatkan dari organisasi, yang tentu akan berguna saat kalian memasuki dunia kerja nantinya.

2. Tipsen (Titip Absen)

Kebiasaan Tipsen (Titip absen) merupakan hal yang harus dihindari oleh mahasiswa baru. Saat semester-semester awal Jadwal dan bobot kuliah tidak terlalu padat dan sulit seperti semester atas. Sehingga sangat disayangkan jika harus meninggalkan waktu kuliah dengan titip absen tanpa kehadiran dikelas. Selain beresiko diketahui dosen yang akan membuat nilaimu dipertaruhkan, keseringan tipsen juga akan membuat kelian ketinggalan pelajaran dikelas. Hal ini tentu akan membuatmu kesulitan untuk menyerap materi yang akan disampaikan selanjutnya.

3. Tidak bisa membagi waktu

Ketika menjadi mahasiswa, kalian akan dihadapkan dengan banyak tugas yang beragam tingkat kesulitannya. Jadwal kuliah yang intens, tumpukan tugas yang mendekati deadline, serta kegiatan di organisasi terkadang membuat mahasiswa depresi. Tapi semua itu bisa diatasi jika kalian mampu mengatur waktu dengan sebaik dan se-efektif mungkin. Yang harus kalian lakukan adalah membuat agenda harian, dan juga membuat target-target aktivitas yang harus kalian lakukan setiap harinya. Selain membuat pekerjaanmu menjadi lebih terjadwal, hal ini juga bisa membuat pribadimu menjadi lebih disiplin dan menghargai betapa pentingnya waktu.

4. Menjadi Deadliner

Deadliner adalah sebutan bagi mereka yang terbiasa mengerjakan tugas-tugas kuliah mendekati batas waktu pengumpulan. Hal ini sudah menjadi hal yang lumrah, karena kebanyakan mahasiswa baru merasa tergugah untuk mengerjakan tugas ketika mereka marasa waktunya untuk menyelesaikan tugas tidak lagi banyak. Menjadi deadliner tentu bukanlah hal yang baik. Selain dapat membuat pekerjaan menjadi tidak maksimal, hal ini juga akan membentuk habits (kebiasaan) baru dalam kehidupanmu. Tak bisa dibayangkan jika kebiasaan menunda-nunda pekerjaan ini terbawa sampai ketika kita memasuki dunia kerja, tentu hal ini akan membuat pekerjaan kita menjadi berantakan dan mendapatkan omelan dari atasan. Oleh karena itu, jika kalian para mahasiswa baru merasa bagian dari seorang deadliner, mulai sekarang harus mulai diubah yaa!

Itulah empat kesalahan yang harus dihindari oleh kalian para mahasiswa baru. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk memuluskan jalan kalian menimba ilmu di perguruan tinggi (Penulis: Ihwana Haulan).



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel