Review Kitchen, Novel Tentang Kehilangan dan Harapan

Teknokra.id - Kitchen merupakan sebuah novel yang ditulis oleh penulis dari Jepang bernama pena Yoshimoto Banana tahun 1988. Kitchen adalah karya pertama Yoshimoto Banana yang hingga sekarang telah mendapatkan berbagai jenis penghargaan literatur bergengsi dan beberapa artikel dari media besar seperti The Times. The Independent juga memberi penilaian yang baik untuk karya Yoshimoto yang satu ini. Bahkan, sudah terdapat film yang mengangkat cerita buku tersebut pada tahun 1989 dan pada tahun 1997.

Walaupun buku ini sudah lama diterbitkan di Jepang dan bahkan telah mendapat terjemahan Bahasa Inggrisnya pada 1993, di Indonesia sendiri buku ini baru saja terbit. Buku ini diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh penerbit haru pada tahun 2021 silam.


Kitchen berisikan kumpulan novela berjudul Kitchen yang dibagi menjadi dua bagian dan Moonlight Shadow. Kedua novela tersebut menyoroti cerita dari para tokoh yang tengah menghadapi kepergian dari orang yang tercinta. Walau Kitchen sering kali menjadi contoh literatur jepang, cerita dari Kitchen sendiri mengandung perasaan komplek yaitu dukacita yang dirasakan tidak hanya oleh masyarakat Jepang namun seluruh manusia.

Kitchen sendiri berpusatkan pada cerita dari seorang gadis yang menjadikan dapur sebagai tempat favoritnya disetiap rumah bernama Mikage. Mikage merupakan seorang yatim piatu yang telah tinggal bersama neneknya sejak kecil. Saat ia menghadapi kematian dari neneknya yang merupakan satu – satunya anggota keluarganya yang tersisa, Mikage menjelaskan kesulitannya menghadapi kepergian seluruh anggota keluarganya dan bagaiman ia menemukan kenyamanan dengan menghabiskan waktu di dapur.

Tak hanya harus kehilangan keluarganya, Mikage juga harus segera mengosongkan tempat tinggalnya segera setelah kepergian neneknya. Keadaan sulit Mikage pun memaksanya untuk mengambil cuti perkuliahan. Disaat itu tokoh Mikage dipertemukan oleh  seorang lelaki muda yang merupakan mahasiswa yang bekerja paruh waktu bersama neneknya dulu, Yuichi Tanabe. Dalam kondisi terpuruk Mikage, Yuichi mengulurkan tangannya dan mengizinkan Mikage untuk tinggal bersama dirinya dan Ibunya.

Cerita kedua dalam novel ini yaitu Moonlight Shadow, masih bercerita mengenai kepedihan dan kehampaan saat ditinggal orang tercintanya. Satsuki, si tokoh utama wanita berusaha melewati kepedihan akan tewasnya sang kekasih tercinta, Hitoshi. Melalui kalimat – kalimat yang disajikan dengan indah dan mudah dicerna oleh Yoshimoto Banana, pembaca akan diajak untuk menghadapi cerita emosional yang dialami oleh setiap tokoh dalam buku tersebut.

Nah itu tadi sekilas cerita dalam novel Kitchen. Kamu tertarik untuk membacanya? Siap-siap dengan berbagai cerita haru para tokohnya ya (Penulis: Ega Literian Lisba).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel