Cara Belajar Yang Efektif Untuk Mahasiswa

Teknokra.id - Belajar merupakan kegiatan penting dalam proses perkuliahan. Apalagi dimasa transisi covid-19 saat ini. Pembelajaran daring yang dirasa kurang efektif menimbulkan banyak dampak negatif dikalangan pendidikan, khususnya pelajar dan mahasiswa. Belajar dengan sistem online membuat beberapa orang yang memiliki cara dominan  belajar tatap muka kesulitan beradaptasi. Hal ini akhirnya menimbulkan kesan yang kurang baik dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini nilai akademik pun menjadi taruhan dari ketidakefektifan sistem belajar daring.

Lalu apa yang harus dilakukan mahasiswa agar bisa mendapatkan pola belajar yang efektif? Teknokra sudah merangkum beberapa cara agar mahasiswa belajar efektif selama proses pembelajaran daring maupun tatap muka. Berikut rangkumannya:



1. Belajar bersama

Belajar bersama teman atau sahabat merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran daring. Alih-alih memperhatikan gadget sepanjang hari, dengan belajar bersama akan membuat pikiran jauh lebih ringan. Pembelajaran yang di selingi dengan diskusi akan membuat semangat untuk belajar meningkat.

2. Belajar dengan praktik

Kadang dalam proses belajar, rasa bosan hadir karena kita disuguhi teori yang tak ada habis-habisnya. Maka dari itu, belajar dengan langsung mempraktekkan ilmu yang dipelajari adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan semangat belajar.

3. Belajar rutin tapi jangan terlalu lama

Dalam belajar, terkadang mahasiswa terlalu fokus dengan waktu sehingga mengakibatkan rasa lelah dan tidak dapat memahami materi dengan baik. Padahal dalam mempelajari sesuatu, mahasiswa sebaiknya belajar dengan waktu yang singkat asal bisa memahami materi yang dipelajari. Tidak perlu terlalu lama dan berlebihan dalam mempelajari sesuatu, sebab otak kita memiliki kapasitas yang terbatas.

4. Pahami materi dan jangan menghafal

Masalah beberapa orang Ketika belajar adalah tidak memahami materi yang telah dipelajari. Pelajar/mahasiswa terlalu berambisi untuk menghafal materi yang dipelari sehingga pemahaman terhadap materinya menjadi nol. Padahal dalam proses belajar yang penting adalah pemahaman, hal ini berguna agar apa yang dipelajari bisa menjadi pelajaran yang bermanfaat untuk kehidupan kuliah.

5. Pilih metode belajar yang tepat

Semua tips yang diberikan diatas tidak akan berguna jika sobat Teknokra tidak menerapkannya dengan metode belajar yang tepat. Setiap orang pada dasarnya memiliki cara belajarnya masing-masing. Cara inilah yang sebenarnya membuat proses pembelajaraan menjadi efektif. Jika sobat Teknokra cocok dengan belajar suasana hening, maka lakukanlah ditempat yang hening. Jika sebaliknya, suka belajar dengan mendengarkan music, maka lakukanlah dengan mendengarkan music agar belajar menjadi menyenangkan untuk dilakukan.

Dan itulah beberapa tips belajar efektif untuk mahasiswa yang sudah Teknokra rangkum. Proses belajar adalah hal yang menyenangkan jika dilakukan dengan baik dan benar, sebab belajar adalah proses hidup yang paling penting untuk kehidupan (Penulis: D. Esa Lintang).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel