Prospek Kerja Lulusan BK, Tak Sekadar Jadi Tenaga Pendidik

Teknokra.id - Mungkin banyak orang mengira bahwa lulusan dari program studi Bimbingan dan Konseling hanya bisa menjadi guru BK di Sekolah. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar loh. Setelah lulus dari jurusan Bimbingan dan Konseling memang anda bisa menjadi Guru BK, tetapi ini bukanlah satu-satunya profesi yang bisa anda geluti. Banyak prospek dan profesi lain yang bisa anda geluti jika anda lulus dari program studi BK.

Apa saja prospek serta profesi jika anda lulus dari mahasiswa BK? Berikut Teknokra akan memaparkannya.

1.Konselor

Jika anda ingin menjadi konselor maka harus mengambil pendidikan profesi konselor. Profesi Konselor yakni profesi yang membuka praktik konseling pribadi untuk masyarakat. Ada beragam jenis konseling yang bisa masuk ke dalam pelayanan praktik anda seperti konseling pendidikan, konseling keluarga, karier, dan lain sebagainya.

2.HRD atau “Human Resource Development” 

HRD ini seringkali tersedia di berbagai perusahaan. HRD biasanya memiliki tugas untuk pengembangan sumber daya manusia yang ada di dalam perusahan tersebut. Salah satu tugasnya adalah  melakukan seleksi untuk karyawan baru. Dengan ilmu yang dipelajari selama kuliah, HRD dari jurusan Bimbingan dan Konseling dapat mempertimbangkan serta menilai seseorang yang ingin melamar kerja, sehingga tak akan salah dalam memilih karyawan baru.

3.Konsultan pendidikan dan pengembangan

Lulusan BK memiliki ilmu yang berpotensi besar menjadi konsultan pendidikan dan pengembangan. Karena menjadi konsultan memiliki tanggung jawab untuk memberikan konsultasi terhadap konseli untuk membantu.

4.Pegawai Negeri Sipil atau PNS 

Kebanyakan lulusan dari jurusan Bimbingan dan Konseling adalah menjadi tenaga pendidik atau profesi di bidang pendidikan. Namun jika memang anda ingin menjadi seorang PNS, maka tidal menutup kemungkinan bisa memulai dengan berkuliah di program studi Bimbingan dan Konseling.

5.Reasearch and Development

Pada perusahaan yang menjalankan penelitian dan pengembangan produk pasti membutuhkan staff Research Development. Dalam bidang ini perlunya pemahaman psikologi masyarakat mengenai suatu produk dan dikarenakan orang lulusan BK memang ahli dalam memahami psikologi masyarakat.

6.Dosen

Ketika anda ingin mengambil profesi menjadi seorang dosen, maka anda harus menempuh S2 pada program studi Bimbingan dan Konseling. Karena menjadi seorang dosen harus menempuh jenjang pendidikan S2.

Itulah beragam prospek serta profesi yang bisa aNda geluti setelah lulus dari jurusan Bimbingan dan Konseling nantinya. Dengan begitu, rasanya tak perlu lagi ada yang diragukan untuk masuk ke dalam jurusan ini karena tidak hanya menjadi guru BK saja melainkan profesi yang dapat menunjang karir anda lebih cemerlang. Dan karir yang akan digeluti seseorang tidak serta merta harus sesuai atau linear dengan pendidikannya, karena karena hal tersebut adalah hak dan pilihan individu, setiap individu berhak tahu apa saja pilihan yang patut diambil yang memang terbaik untuk dirinya (Penulis: Sepbrina Larasati).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel