Cara Mengajukan Keringanan UKT Lewat Sikebas Unila

Teknokra.id - Sistem Informasi Keringanan dan Bebas Uang Kuliah (Sikebas) adalah website yang dibuat oleh Universitas Lampung (Unila) untuk mempermudah mahasiswa dalam mengajukan keringanan dan bebas uang kuliah tunggal (UKT). Selain itu juga untuk mempermudah proses monitoring dan evaluasi pengajuan dari pihak fakultas ataupun rektorat. 

Berikut ini adalah cara menggunakan Sikebas agar dapat mempermudah kita mengajukannya:


1. Hal pertama yang kita lakukan adalah dengan membuka website https://sikebas.unila.ac.id/

2. Setelah kita masuk website tersebut maka kita akan dilanjutkan ke halaman pertama yaitu login, dimana kita masuk menggunakan akun SSO

3. Lanjut pada halaman selanjutnya yaitu singkron data, pilih menu  di Dashboard lalu tekan Sync

4. Selanjutnya pilih menu pengajuan, lanjut klik tombol Add, pilih jadwal, jenis pengajuan, kemudian upload dokumen yang diperlukan dan wajib diisi

5. Lanjut pada menu selanjutnya yaitu perbaikan, pertama klik tombol status Perbaikan Mhs dimana akan tampil informasi Summary Pengajuan, lihat informasi catatan, lali klik tutup informasi Summary, perbaiki dokumen yang sesuai catatan, upload kembali dokumen yang telah diperbaiki, klik tombol status, ceklis pertanyaan kebenaran data, lalu klik submit.

Cara pengajuan ini juga dapat dilihat di panduan Sikebas. Melalui Sikebas ini kita juga dapat melihat sudah sampai mana pengajuan tersebut dan apakah ditolak atau tidak. Pengajuan keringanan dan bebas UKT ini dimulai untuk usulan mahasiswa pada tanggal 27 Juni s.d 12 Agustus 2022 (Penulis: Pratiwi Dwi Lestari).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel