Sudah Rutin Menggunakan Skincare, tapi Tetap Kusam? Tandanya Kamu Perlu Eksfoliasi!

Teknokra.id - Memiliki kulit yang sehat, cerah, dan bebas dari jerawat tentunya adalah impian setiap orang. Bahkan beberapa orang pun rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk membeli banyak produk skincare demi mewujudkan impiannya tersebut. 

Namun seringkali orang-orang melupakan eksfoliasi atau bahkan belum mengetahui hal tersebut. Padahal nyatanya, eksfoliasi sangat berperan penting untuk mengoptimalkan penggunaan skincare. Jadi, apa itu eksfoliasi?

Sudah rutin menggunakan skincare, tapi tetap kusam? tanda nya kamu perlu eksfoliasi!

Eksfoliasi adalah perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Eksfoliasi memiliki beberapa manfaat diantaranya mencerahkan wajah dan mencegah tersumbatnya pori-pori yang akan menyebabkan komedo, beruntusan, hingga jerawat. 

Lalu, bagaimana cara eksfoliasi?

Ada 2 teknik dalam eksfoliasi, yaitu physical exfoliation dan chemical exfoliation. Apa ya perbedaan diantara keduanya? Yuk mari kita bahas satu-persatu. 

Yang pertama, physical exfoliaton. Physical exfoliation adalah jenis eksfoliasi yang dilakukan dengan cara menggosok permukaan wajah secara langsung. Beberapa contoh produk physical exfoliator adalah Neogen Peeling Pad dan Envygreen Intensify Brightening Serum.

Yang Kedua adalah chemical exfoliation. Eksfoliasi ini merupakan teknik yang dilakukan menggunakan toner atau serum dengan kandungan AHA dan BHA. Beberapa contoh produk yang tergolong kedalam chemical exfoliator adalah Elformula Peeling Serum dan Avoskin Miraculous Refining Toner.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan eksfoliasi diantaranya : 

1. Jangan lakukan eksfoliasi setiap hari, cukup lakukan 1-2 kali dalam seminggu agar tidak terjadi over eksfoliasi.

2. Setelah menggunakan produk eksfoliasi, jangan lupa untuk menggunakan produk yang dapat melembabkan dan menghidrasi kulit seperti hydrating toner atau mosturizer.

3. Sebaiknya lakukan eksfoliasi pada malam hari dan jangan lupa untuk menggunakan sunscreen keesokan harinya setelah kamu melakukan eksfoliasi. Karena kulit akan menjadi lebih sensitif bila terkena matahari setelah eksfoliasi.

4. Jika kamu ingin melakukan eksfoliasi dengan teknik physical, pilihlah produk eksfoliasi yang lembut serta aman dikulit dan jangan menggosok kulit terlalu kasar, agar tidak terjadi iritasi atau luka.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba eksfoliasi? Kira-kira kamu tim eksfoliasi yang mana ni? (Penulis : Anolia Ramadanthy T.)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel