Keutamaan Shalat Tarawih

Teknokra.id - Marhaban ya Ramadhan! Selamat menunaikan ibadah puasa 1443 H!

Halo, sobat Teknokra! Ngga kerasa, ya, kita sudah memasuki bulan ramadhan yang penuh berkah. Pasti pada puasa, kan? Jangan lupa bahwa puasa itu merupakan Rukun Islam yang keempat, lho!

Keutamaan Shalat Tarawih

Di bulan Ramadhan banyak sekali amalan-amalan shaleh yang bisa kita kerjakan untuk mendapatkan pahala maupun mengharap ampunan dari Allah SWT. Salah satunya adalah melaksanakan shalat tarawih. Banyak sekali keutamaan dan manfaat yang kita dapat saat melaksanakan shalat tarawih. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di dunia. Selain menunaikan ibadah puasa yang menjadi kewajiban, ibadah sunah seperti shalat tarawih hanya bisa dilakukan saat bulan Ramadhan yang pastinya tidak akan kita lewatkan, bukan?

Shalat tarawih adalah shalat sunah muakad yang berarti sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Shalat tarawih atau Qiyam Ramadhan adalah shalat yang bertujuan untuk menghidupkan malam-malam di bulan Ramadhan. 

Shalat tarawih dilakukan setelah sholat isya dan sebelum witir. Jumlah rakaatnya pun bisa dengan 8 rakaat+3 rakaat witir dan 20 rakaat+3 rakaat witir. Perbedaan jumlah rakaat ini tidak menimbulkan adanya masalah, keduanya boleh dilakukan. Melaksanakan shalat tarawih memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah

1. Diampuni Dosa yang Telah Lalu

Keutamaan melaksanakan shalat tarawih yang pertama adalah diampuni dosa yang telah lalu. Sebagaimana yang telah disabdakan Rasulullah SAW:
Barang siapa yang shalat malam di bulan Ramadhan (shalat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosa yang telah lalu.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

2. Pahala yang Setara dengan Melaksanakan Shalat Qiyamul Lail

Keutamaan yang kedua apabila melaksanakan shalat tarawih berjamaah akan mendapatkan pahala yang sama seperti melaksanakan shalat qiyamul lail satu malam penuh. Keutamaan shalat tarawih ini disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW:
Siapa saja yang ikut shalat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai, maka untuknya dicatat seperti shalat semalam suntuk”. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

3. Menambah Ketaatan Kepada Allah

Dengan melaksanakan shalat tarawih di bulan Ramadhan membuat kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena sebagai hamba, kita tidak luput dari segala dosa dan mengharap ampunan dari-Nya.

Selain dapat menambah ketaatan kita kepada Allah, melaksanakan shalat tarawih juga bermanfaat bagi kesehatan fisik mapun mental. Beberapa gerakan shalat dapat membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Gerakan shalat juga dapat melancarkan pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, shalat juga dapat menenangkan hati, meredakan stress, dan menyehatkan mental (Penulis: Nadila Wulandari).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel