Ayo Lakukan Kebiasaan ini Untuk Menjaga Keutuhan Bumi!

Teknokra.id - Halo sahabat Teknokra! Kamu tau tidak kapan peringatan hari bumi sedunia? Ya benar sekali, hari bumi diperingati setiap tanggal 22 April. Peringatan Hari Bumi bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang ditempati oleh manusia yaitu bumi.
 
Sebagai penduduk bumi, sudah sewajibnya kita menjaga keutuhan planet ini. Kalian sadar tidak setiap kebiasaan yang kita lakukan ada yang dapat merusak keutuhan bumi?

Ayo Lakukan Kebiasaan ini Untuk Menjaga Keutuhan Bumi!

Kebiasaan itu ialah menumpuk pesan, email atau surel, foto ataupun video. Ternyata penumpukan tersebut dapat menghasilkan emisi karbon yang tidak baik untuk bumi kita. 

Informasi yang didapat dari Japan Times, setiap surel disimpan dalam sebuah server yang menggunakan listrik. Jika semakin banyak surel yang tertumpuk maka akan semakin besar pula energi yang diserap. Untuk itu mari kita lakukan kebiasaan ini untuk menjaga keutuhan bumi.

1. Menghapus surel ataupun pesan yang sudah tidak penting

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa surel yang tertumpuk dapat menghasilkan emisi beracun untuk bumi. Maka dari itu mulailah untuk mengecek kembali kotak surel dan menghapus surel yang sudah tidak penting.

2. Mengurangi penggunaan Air Conditioner

Air Conditioner tentu sangat bermanfaat bagi manusia dalam menyejukkan ruangan. Namun, tak disangka penggunaan Air Conditioner dapat menyebabkan pemanasan bumi. Hal tersebut dikarenakan Air Conditioner menggunakan gas chlorofluorocarbon yaitu freon yang dapat membuat rusaknya lapisan ozon bumi. 

3. Membuang sampah pada tempatnya

Sikap membuang sampah pada tempatnya sangat berguna menjaga keutuhan bumi. Jikalau kita membuang sampah sembarangan, maka salah satu sampah yaitu yang terbuat dari plastik dapat merusak lapisan ozon bahkan perubahan iklim. Sampah yang terbuat dari plastik tersebut terkubur dan mengalami pembusukan maka terbentuklah gas metana. Potensi gas metana itulah yang nantinya menyebabkan efek rumah kaca.

4. Mengurangi penggunaan kendaraan umum

Penggunaan kendaraaan umum dapat menjaga keutuhan bumi karena dapat mengurangi aktivitas penggunaan bahan bakar fosil. Jika saja setiap manusia menggunakan kendaraan pribadi, maka akan besar pula bahan bakar fosil yang digunakan. Pembakaran bahan bakar fosil tersebut nantinya akan menyebabkan efek rumah kaca. Untuk itu marilah kita menggunakan kendaraan umum ataupun dapat juga kita alihkan dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Nah, itulah kebiasaan yang bisa kita terapkan untuk menjaga keutuhan bumi. Alangkah baiknya jangan hanya dibaca saja, tetapi harus juga kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa selalu membaca dan sebarkan informasi ini agar semakin banyak yang melakukan kebiasaan menjaga bumi (Penulis: Neza Puspita Tarigan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel