5 Negara Tertua di Bumi

Teknokra.id - Bumi adalah salah satu bukti adanya bentuk peradaban manusia. Negara merupakan bentuk kecil yang ada di dalam bumi ini. 

Sejalan dengan perkembangan zaman yang ada di dunia, pernahkah kita berpikir negara mana yang yang tertua di bumi ini? Nah mari kita telusuri dan kita kulas di sini.

5 Negara Tertua di Bumi

1. Mesir

Sejalan dengan peradaban Mesir kuno, di mana telah tercatat sejak tahun 6.000 SM. Pada tahun 3.100 SM dinasti pertama Mesir terbentuk, yang diyakini bahwa pendirian Mesir ini menjadikannya sebagai negara tertua yang ada di bumi.

2. India

Peradaban India pertama kali tercatat pada tahun 3.300 SM. Awal mula adanya bangsa India pada periode Vadic. Dalam periode Vadic ini terdapat beberapa agama yang berkembang, di antaranya adalah Hindu, Buddha, dan Jainisme. Pada tahun 1974, setelah merdeka dari kolonialisme Inggris, negara India akhirnya memasuki peradan modern.

3. Afganistan

Peradaban ini dipercayai berada di tahun 3.000 SM. Pada saat itu peradaban ini membentuk kota yang bernama Mundigak. Kota ini adalah salah satu kota pertama di Dunia. 

4.Jepang

Jepang yang mungkin kita kenal sebagai negara penjajah di Indonesia adalah salah satu negara tertua. Dalam mitologi kuno Jepang, kaisar Jepang pertama kali yaitu Kaisar Jimmu yang bertakhta pada 660 SM.

5. Iran

Iran adalah negara yang resmi dikenal sebagai Republik Islam Iran. Peradaban Iran yang paling awal adalah Elam dan Jiroft. Elam bisa diartikan sebagai orang yang memiliki tanggung jawab dalam mendirikan Iran selama era Proto-Elam atau Susa III. 

Nah gimana nih, ternyata banyak kan hal-hal yang belum kita ketahui. Jadi kita bisa tau kan ternyata selama ini ada negara tertua yang tidak pernah kita sangka-sangka. Semoga informasi ini bermanfaat ya (Penulis: Pratiwi Dwi Lestari).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel