5 Agama Terbesar di Dunia

Teknokra.id - Agama merupakan kepercayaan yang dianut umat manusia sebagai sistem yang mengatur tentang moralitas dan kehidupan. Dalam perkembangannya sendiri, diyakini bahwa terdapat sekitar 4000 lebih agama yang tersebar di seluruh dunia. 

Sebagai negara beragama yang menanamkan dogma-dogma agama cukup kuat, Indonesia sendiri memiliki 6 agama resmi yang diakui keberadaannya secara administratif. Tapi apakah kalian tau, apa Agama terbesar di dunia? 

5 Agama Terbesar di Dunia

Berikut daftar 5 Agama terbesar di dunia yang telah berhasil Teknokra.id rangkum untuk kamu.

1. Agama Kristen

Agama Kristen merupakan agama dengan penganut terbanyak di dunia saat ini. Dengan jumlah penganut sekitar 2.5 miliar jiwa atau sekitar 32% penduduk dunia. Agama Kristen lahir dari ajaran Kristus sekitar tahun 27M. Agama dengan kitab Injil ini telah mengalami beberapa perubahan pada ketentuan-ketentuannya, sehingga terpecah menjadi dua kubu yaitu perjanjian lama yang dianut oleh Kristen Katolik dan perjanjian baru yang dianut oleh Kristen Protestan.

2. Agama Islam

Agama Islam merupakan ajaran yang disebarkan Nabi Muhammad SAW melalui dakwah-dakwah pada masa jahiliyah. Agama dengan penganut terbanyak kedua di dunia ini memiliki penganut sekitar 1.8 miliar jiwa. Agama Islam meyakini Allah SWT sebagai Tuhan dan Nabi Muhammad SAW sebagai utusannya di dunia. Kitab suci dari agama Islam sendiri adalah Al-Qur'an yang diyakini sebagai petunjuk kehidupan bagi umat Muslim.

3. Agama Hindu

Agama Hindu merupakan agama dengan penganut terbanyak ketiga di dunia setelah agama Islam. Agama dengan jumlah penganut sekitar 1.15 miliar jiwa ini diyakini sebagai salah satu agama tertua di dunia. Agama Hindu meyakini Trimurti sebagai simbol kehidupan, di mana mereka yakin bahwa Dewa Brahma sebagai pencipta, Dewa Wisnu sebagai pemelihara, dan Dewa Siwa sebagai penghancur. Agama Hindu menjadi agama mayoritas di negara Asia Selatan, khususnya negara India.

4. Agama Buddha

Agama Buddha merupakan ajaran yang disebarkan oleh Siddharta Gautama sekitar 600 juta tahun yang lalu. Agama Buddha memiliki ajaran yang kurang lebih sama dengan agama Hindu. Agama dengan penganut sekitar 521 juta jiwa ini mengajarkan nilai-nilai kehidupan sebagai dasar beragama. Kitab dari agama Buddha adalah The Tripitaka yang memuat segala aturan dan ketentuan dalam Buddha Dharma. Penganut agama Buddha disebut sebagai Bidhisme yang berarti "dia yang sadar".

5. Agama tradisional

Agama tradisional merupakan aliran kepercayaan oleh daerah-daerah tertentu yang memiliki kepercayaan terhadap sesuatu yang diyakini dan dianggap sebagai Dewa/Tuhan. Agama tradisional memiliki setidaknya sekitar 430 juta pengikut yang tersebar di seluruh dunia dimasing-masing kepercayaan daerah. Kepercayaan tradisional daerah semacam ini biasanya tidak memiliki kitab suci resmi seperti agama lain, tetapi memiliki ritual/pemujaan agama yang sakral dan kuat sebagai ajaran agama mereka.

Nah, dari sekian banyak Agama dan kepercayaan yang ada di dunia ini. Sudah selayaknya kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan untuk tetap menghargai setiap Agama yang ada di dunia ini. Dengan menjadi mayoritas suatu agama/kepercayaan bukan berarti kita boleh menganggap agama/kepercayaan yang lain adalah ketidakbenaran (Penulis: Dheanilla Esa Lintang).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel