3 Manfaat Yang Didapatkan Saat Berpuasa

Teknokra.id - Selain mendapatkan amalan baik untuk aspek keagamaan berpuasa juga terdapat manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Manfaat berpuasa ialah melatih keimanan juga meningkatkan rasa syukur, inilah contoh manfaat dalam kehidupan spiritual keagamaan, selain manfaat dalam spiritual juga terdapat manfaat bagi tubuh manusia.

3 Manfaat Yang Didapatkan Saat Berpuasa

Berikut beberapa manfaat berpuasa bagi tubuh manusia:

1. Membantu Menghentikan Merokok


Jika kita berpuasa kita bisa memanfaatkan puasa untuk mengurangi dan bahkan menghentikan kebiasaan merokok. Selain untuk meningkatkan pengalaman berpuasa, kita dapat mengurangi kecanduan nikotin pada rokok serta risiko penyakit seperti kanker paru-paru dan penyakit lainnya.

2. Mengurangi Lemak Tubuh


Untuk mengurangi lemak tubuh atau menurunkan berat badan demi menghindari risiko penyakit tertentu, seperti hipertensi, stroke, serta penyakit jantung. Puasa dapat membantu meredakan asupan kalori dan mendorong tubuh untuk membakar lemak berlebih.

3. Mengurangi risiko terkena diabetes


Salah satu manfaat lain berpuasa adalah menurunkan risiko diabetes, kebiasaan mengkonsumsi minuman atau makanan yang bersifat manis dapat memicu naiknya gula darah yang bisa menyebabkan penyakit diabetes. Dengan berpuasa, makanan serta minuman yang dapat menyebabkan penyakit diabetes dapat dikurangi secara perlahan dengan rutin berpuasa.

Dengan berpuasa secara rutin maka kita akan mendapatkan manfaat seperti yang telah disebutkan diatas. Sebenarnya masih banyak manfaatnya yang akan kita dapatkan jika berpuasa, baik secara spiritual keagamaan atau dalam kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, selain mejalani puasa wajib ada baiknya juga menjalani puasa Sunnah, dengan harapan dapat mendapatkan pahala serta kesahatan bagi tubuh kita (Penulis : Rama Kurniadi).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel