Rich Brian, Rapper Indonesia yang Mendunia

Teknokra.id - Sukses adalah persiapan yang bertemu dengan kesempatan. Kalimat ini dibuktikan oleh salah satu musisi muda kebanggaan Indonesia yang sudah berkarir di industri musik internasional sejak tahun 2016. Yap benar sekali, siapa lagi kalau bukan Rich Brian alias Brian Imanuel.

Brian Imanuel, merupakan rapper, penulis lagu, serta produser rekaman kelahiran Jakarta, 3 September 1999. Brian mulai dikenal publik setelah kemampuan rapnya dalam lagu “Dat Stick” yang ia rilis pada 22 Februari 2016 diakui oleh rapper terkenal Amerika seperti 21 Savage, Ghostface Killah, Tory Lanes, MadeinTYO dan Desiigner yang membuat videonya menjadi sangat booming
Rich Brian, Rapper Indonesia yang Mendunia
Sebelum dikenal luas oleh masyarakat, rapper muda ini sudah memiliki ketertarikan untuk selalu belajar hal baru. Terlebih saat ia meraskan menjadi siswa home schooling sejak kelas 2 SD. Waktu luang yang ia miliki ia gunakan untuk belajar menyelesaikan rubik, fotografi, serta videografi. Tak hanya itu saja, sejak kecil ia memiliki mimpi untuk bisa sukses di Amerika, walaupun saat itu ia pun masih mempertanyakan bagaimana caranya. 

Mengisi kekosongan waktunya, Brian pun menjalin pertemanan dengan remaja Amerika yang ia temui di Twitter. Sejak saat itu, ia pun mulai mengenal lagu-lagu hip hop. Ia pun tertarik untuk mendalaminya. Melalui YouTube, rapper muda ini belajar ngerap secara otodidak. Berkat belajar ngerap dan seringnya berkomunikasi dengan teman-temannya yang berasal dari Amerika melalui Skype, bahasa Inggrisnya pun mulai fasih dan lancar. 

Brian mulai meng-cover lagu-lagu hip hop. Hingga pada 17 Juli 2015, Brian merilis lagu pertamanya “Living Dream” di akun Youtube pribadinya. Kemudian, disusul lagu “Dat Stick” yang menjadi single debutnya pada 22 Februari 2016. Lagu yang berisi tentang kritik dan kemarahan terhadap polisi Amerika yang disampaikan oleh remaja yang terlihat polos dengan kaos polo pink serta tas pinggang. Hal inilah yang membuat lagu ini viral, bahkan di apresiasi oleh para rapper Amerika. Brian terus merilis lagu rap karyanya. Ia merilis dua lagu sekaligus, yaitu “Who That Be” dan “Seventeen” pada 2016. 

Berkat kemampuannya yang mumpuni inilah Brian pun dilirik oleh label musik di Amerika Serikat, yakni 88 Rising. Ia pun pindah ke Los Angeles, California untuk melajutkan karir musiknya. Benar saja, berkat bergabung melalui label musik 88 Rising ini, karir Rich Brian semakin meningkat. 

Selain itu, prestasi-prestasi yang pernah Rich Brian raih di antaranya
  1. Musisi Asia Pertama yang berhasil menduduki tangga lagu nomor 1 kategori iTunes Hip Hop 
  2. Award sebagai Breakthrough Artist of The Year – Indonesian Choice Awards yang ke-4 
  3. Masuk Forbes ’30 under 30’ Asia untuk kategori Entertainment & Sport pada 2018
  4. Album ‘Amen’ menduduki Peringkat ke-18 dalam Billboard 200
Kabar baiknya lagi, Rich Brian akan tampil di Festival bergengsi di Amerika, yakni Coachella Valley Music and Arts Festival, di Empire Polo Club, Amerika Serikat pada 16 dan 23 april 2022 mendatang. Festival bergengsi ini pun turut dimeriahkan oleh Billie Eilish, dan Harry Styles juga lho!

Nah, bagaimana, keren banget ya Rich Brian? Hal yang patut kita contoh dari Rich Brian adalah kemauannya untuk selalu belajar dan mendalami hal yang ia sukai atupun hal baru. Satu lagi, berani lah bermimpi setinggi mungkin, percayalah semesta akan mendukungmu untuk mencapainya. Shout out to Rich Brian! (Penulis : Davina Syafa Kamila).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel